Apa itu mesin router? Dalam industri woodworking, mesin ini punya manfaat khusus yang penting bagi para pekerjanya. Yuk, kenali mesin ini mulai dari pengertian, fungsi, sampai dengan tips untuk membuatnya.

Industri woodworking atau pengolahan kayu membutuhkan sangat banyak perlengkapan dalam proses produksinya. Di masyarakat awam pun, berbagai perlengkapan ini kerap digunakan. Misalnya saj paku, pukul, cat, kuas, dan masih banyak lagi. Namun tentu saja untuk industri yang lebih profesional, perlengkapan seperti itu masih kurang. Sebuah perusahaan mebel besar, toh tidak mungkin mengandalkan kerja manual untuk membuat berbagai produknya. Diperlukan alat dan bahan yang lebih canggih agar pengerjaan produk lebih standar dan juga cepat. Salah satu alat yang kerap digunakan adalah mesin router.

Pengertian

Mesin ini adalah salah satu mesin woodworker yang diperlukan untuk membentuk profil atau bentukan pada kayu. Keberadaannya mau tak mau memberikan pengaruh terhadap kualitas produksi sampai dengan proses produksi itu sendiri.

CS BahanPerekat

Prinsip kerja mesin router sendiri sebetulnya mirip atau serupa dengan bor vertikal. Akan tetapi, cara atau metodeya berlainan. Dibanding dengan bor vertikal, router profil kayu menggunakan pisau vertikal ke arah bawah. Kecepatan putarnya lebih cepat dari bor biasa.

Komponen utama router sendiri adalah pisau baja dengan bentuk menyerupai mata bor. Pisau ini sengaja dibuat secara spesial dari baja khusus. Ketika digunakan, mata pisau tersebut akan berputar dengan kecepatan tinggi. Ia kemudian diarahkan sedemikian rupa sehingga bisa membentuk produk kayu sesuai tujuan. Dari tujuannya sendiri, ada beberapa mata pisau yang bisa dibedakan.

  1. Pisau pembuat alur kecil
  2. Pisau pembuat alur
  3. Pisau untuk membentuk pinggiran kayu
  4. Pisau untuk meratakan bagian pinggir produk kayu

Manfaat, Fungsi, dan Kegunaan Mesin Router

Seperti diterangkan di atas, mesin ini memiliki fungsi untuk membuat profil pada bahan kayu. Namun spesifikasi fungsi mesin ini berlainan tergantung jenis pisau baja yang digunakan. Berikut ini 4 jenis fungsi atau manfaat router profil berdasarkan jenis pisaunya:

  1. Membentuk alur pada kayu. Misalnya saja membentuk alur dekorasi atau hiasan di mebel-mebel seperti meja, daun pintu, daun jendela, dan sejenisnya. Alur bisa berupa lekukan besar ataupun kecil, tergantung pisau yang digunakan (apakah pisau alur besar atau pisau pembuat alur kecil).
  2. Memberikan bentuk pada tepi produk kayu
  3. Meratakan serta menghaluskan bagian pinggir kayu

Tips

Untuk menggunakan mesin ini, ada metode yang harus diikuti sesuai rekomendasi tiap produk. Kami hanya akan membagikan tips penting bagi Anda yang ingin menggunakan alat ini.

  1. Pertama, pastikan kayu yang akan dikerjakan sudah kondisi ideal (kayu harus dalam kondisi baik, kering, rata).
  2. Ingat, pilih pisau yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.
  3. Cek dan pastikan area baut penjepit terpasang dengan erat dan stabil
  4. Lakukan penyetelan terhadap kedalaman pisau
  5. Kayu yang akan dikerjakan ada baiknya dipasangi klem supaya posisinya tidak berubah
  6. Lakukan trial dan error dulu pada kayu lain yang tak terpakai
  7. Ketika Anda sudah tak memerlukan mesin, matikan mesin, jauhkan dari kayu, dan tunggu sampai mesin berhenti. Lalu, simpan dengan baik dan benar.

Sedangkan langkah-langkah penggunaannya akan diterangkan sebagai berikut.

Selain Mesin Router, Dibutuhkan Juga Lem yang Tepat

crossbond

Demikian informasi mengenai mesin router dan sedikit tips mengenai lem yang tepat digunakan. Semoga informasi ini memberikan manfaat untuk Anda ya. Simak terus berbagai informasi lainnya di bahanperekat.com.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here