kursi lipat

Ingin tahu lebih banyak mengenai kursi lipat? Ayo, baca penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Pengertian Kursi Lipat

Sebagaimana namanya, foldable chair atau kursi yang bisa dilipat adalah kursi yang memiliki struktur yang membuat kesemua atau sebagian komponennya bisa dilipat. Bagian yang bisa dilipat bisa merupakan bagian kaki hingga bagian dudukan kursi itu sendiri. Bentuk kursi setelah dilipat pun akan berubah dan tak seperti sedia kala. Biasanya kursi ini didesain demikian supaya lebih mudah dibawa kemana-mana sampai agar bisa dikecilkan ukurannya tatkala tak sedang digunakan.

Fungsi atau Guna Foldable Chair

Sebagaimana meja lipat, kursi lipat pun punya manfaat tersendiri. Berikut ini aneka manfaat dari kursi tersebut.

  1. Untuk dibawa ke tempat piknik.
  2. Untuk disewakan di area piknik. Anda bisa membuka jasa penyewaan kursi sampai meja lipat di pantai, pegunungan, dan masih banyak lagi.
  3. Untuk digunakan di ruangan yang sempit. Setelah kita tak memerlukan kursi, kursi bisa dilipat sehingga tak memenuhi ruangan.
  4. Untuk acara resepsi dan aneka pesta, termasuk untuk usaha penyewaan kursi pesta.
  5. Untuk kursi-kursi di kampus sampai sekolah
CS BahanPerekat

Berdasarkan fungsi dan manfaatnya tersebut, kita juga bisa membedakan mebel ini. Misalnya, ada kursi resepsi, kursi pinik, kursi makan, kursi sekolah, dan masih banyak lagi. Sebab, selain memiliki sifat yang sama-sama bisa dilipat, namun karena tujuan pengggunaannya beda, maka karakter lainnya pun bisa berbeda.

Berapa ya Harganya?

Harga kursi lipat sangat variatif. Secara umum, mahal dan murahnya perabot ini ditentukan oleh faktor yang sama seperti mebel lain. Yang membedakannya barangkali hanyalah masalah foldable-nya. Lengkapnya agar lebih jelas, berikut ini faktor yang mempengaruhi harga mebel terkait.

  1. Bentuknya setelah dilipat
  2. Kestabilan dan ketahanan area yang bisa dilipat
  3. Material atau jenis bahan yang digunakan
  4. Tipe finishing yang diaplikasikan
  5. Ukuran kursi
  6. Merk kursi tersebut
  7. Lokasi di mana Anda membeli kursi tersebut

Pelaku Usaha Mebel, Prospektifkah?

Bagi banyak orang, keberadaan kursi lipat akan menjadi penambah opsi item mebel yang bisa dibeli. Namun bagi pelaku usaha, tentu wajar bertanya apakah mebel ini prospektif dibuat atau tidak? Apakah pembuatan kursi ini termasuk menguntungkan? Jawabannya, tergantung pasar Anda. Bila pasar Anda kebanyakan masih tinggal di daerah pedesaan atau daerah perkotaan dengan rumah yang masih luas dan harga properti tidak begitu tinggi, bisa jadi kursi ini kurang diminati. Tapi untuk pasar masyarakat urban yang perlu perabot yang bisa dilipat (karena ruangannya lebih sempit) sampai ingin mebel yang bisa dibawa kemana-mana, jelas kursi ini prospektif untuk dibuat.

Lem yang Bagus untuk Membuat Kursi Lipat?

crossbond

Sama seperti mebel pada umumnya, proses pembuatan foldable chair pun perlu dukungan lem yang bagus. Dan untuk kebutuhan ini, kita bisa selalu mengandalkan lem Crossbond. Crossbond adalah PVAc adhesive. Lem ini bisa digunakan di area sambungan kursi tersebut. Ingat, salah satu alasan mengapa orang menggunakan kursi ini adalah karena sifatnya yang bisa dilipat. Dan, meski sifat tersebut menguntungkan, akan tetapi pelipatan kursi juga bisa membawa kerugian. Struktur kursi menjadi tidak begitu stabil. Oleh sebab itulah area sambungan harus benar-benar kuat. Dan untuk mewujudkan ini diperlukan lem yang bagus seperti Crossbond X3.

Demikian sekilas informasi mengenai kursi lipat. Semoga bermanfaat ya!

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here