kayu lapis

Kian melambungnya harga kayu solid, menyebabkan pemakaian tripleks meningkat tajam. Tapi tentu saja perubahan pemakaian jenis kayu seperti ini akan turut berpengaruh pada proses pengolahannya. Misalnya terkait dengan finishingnya. Bila finishing kayu solid memerlukan cat, finishing kayu olahan seperti kayu lapis tak bisa lepas dari coating serta merk lem untuk kayu triplek yang baik.

Kayu Triplek dan Aneka Macamnya

Triplek, multipleks, atau kayu lapis adalah tiga istilah yang sering digunakan bergantian. Pada dasarnya ketiga nama tersebut merujuk pada produk kayu olahan berbentuk lembaran-lembaran tipis. Triplek dibuat dengan cara menempelkan veneer satu sama lain sehingga lebih tebal dan dapat digunakan untuk kebutuhan yang lebih luas. Secara umum, material ini disukai karena menawarkan beberapa keunggulan seperti:

CS BahanPerekat

1. Pengolahannya yang mudah dan praktis
2. Mudah dibentuk
3. Daya kembang dan susut rendah sehingga bentuk dan ukurannya lebih stabil
4. Harga terjangkau dibanding kayu solid
5. Berbentuk papan lebar yang tak bisa didapatkan pada solid
6. Memiliki tingkat ketebalan dan ukurannya bervariasi
7. Daya tahan relatif baik meski beberapa kurang bagus.
8. Ukuran seragam
9. Teksturnya secara umum halus

Berbagai keunggulan kayu tripleks di atas membuatnya bisa diandalkan di era di mana harga kayu log melambung tinggi. Dengan bahan olahan seperti ini, biaya produksi bisa diminimalisir sehingga harga produk furniture yang dihasilkan juga bisa ditekan.

Dibutuhkan Merk Lem untuk Kayu Triplek yang Bagus

Proses pengerjaan triplek harus dilakukan dengan bahan-bahan yang baik. Lem adalah salah satu bahan yang harus diperhatikan kualitasnya. Dibutuhkan perekat yang bisa dipakai untuk membentuk rangka ataupun untuk melakukan finishing tempel menggunakan coating.

Lem yang kami sarankan untuk pengerjaan triplek adalah Crossbond. Adhesive ini memanfaatkan bahan dasar polyvinyl acetate berbasis air dengan inner cross linker modifier. Crossbond merupakan lem yang sangat kuat dan stabil. Lem ini juga memiliki resistensi yang baik pada faktor perusak dan sangat aman digunakan. Crossbond dapat diaplikasikan untuk:

1. Pembuatan furniture
2. Pemakaian triplek untuk dinding atau lantai
3. Pembuatan alat musik memanfaatkan kayu olahan ini
4. Pembuatan kerajinan tripleks
5. Pembuatan kitchen set
6. Dan berbagai kebutuhan sejenis lainnya
Crossbond untuk Aneka Macam Triplek
Crossbond dengan kualitas terbaiknya bisa digunakan untuk berbagai jenis triplek atau kayu lapis. Merk lem untuk kayu triplek ini dapat Anda andalkan untuk:

Particle Board

Particle board merupakan tripleks atau kayu olahan yang paling rendah kualitasnya. Particle board juga sangat rentan terhadap air dan daya dukungnya pun rendah. Meski demikian, penggunaan Crossbond akan mampu meningkatkan kualitas produk dari bahan ini.

Multiplek

Multiplek adalah kayu lapis yang terdiri dari banyak lapisan. Secara umum, multipleks memiliki tekstur rapat, kekuatan yang baik, dan resistensi terhadap air yang bagus.

Blockboard

Blockboard terdiri atas tiga lapisan kayu yang kemudian digabung menjadi satu. Umumnya, bagian dalam block board adalah kayu akasia dan meranti.

Teakblock

Teakblock adalah lembaran jati berbentuk papan. Teakblock bisa diaplikasikan pada produk non jati agar tampilannya menyerupai kayu nomor satu ini.

Fiberboard

MDF dan HDF juga bisa Anda olah dengan merk lem untuk kayu triplek, Crossbond. Kedua kayu olahan tersebut banyak dipakai untuk pembuatan furniture seperti meja belajar, box speaker, hingga meja.

Melaminto

Melaminto adalah kayu lapis dekoratif (decorative plywood). Melaminto kerap dipakai untuk bahan untuk pembuatan kitchen set karena tampilannya yang licin dan glossy.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here