Lem Untuk Laminasi Kayu

Ingin membuat laci kayu unik dengan tampilan tak biasa? Bila Anda menjawab “iya”, ikutilah tips membuat laci unik di bawah ini dengan lem kayu untuk finger joint Crossbond.


Laci merupakan bagian dari berbagai produk kayu yang keberadaannya kerap disepelekan. Padahal, bagian ini memiliki fungsi besar untuk kebutuhan kita. Adanya lacipun bisa membuat tampilan produk lebih menarik. Yang terakhir disebut ini, biasanya dilakukan dengan membuat laci memiliki warna-warna menarik. Padahal cara tersebut sebetulnya sudah sangat biasa. Tahukah Anda ada cara lainnya yang bisa dilakukan untuk membuat laci lebih unik?

Cara yang kami maksud ialah dengan aplikasi sambungan finger joint atau box joint. Pada banyak artikel yang lalu, sambungan finger joint telah sering dibahas. Ringkasnya, sambungan finger joint ialah:

  1. Sambungan dengan desain seperti dua jari saling ditangkupkan
  2. Memerlukan ketelitian dalam hal pengukuran jari-jarinya
  3. Memiliki kekuatan yang baik dibanding sambungan lainnya
  4. Memerlukan lem dalam aplikasinya
  5. Meninggalkan alur sambungan unik yang bisa membuat produk menjadi terlihat khas
CS BahanPerekat

Sebagaimana disebutkan poin lima di atas, salah satu kelebihan sambungan finger joint adalah tampilannya yang begitu khas. Lantaran hal inilah kita bisa mencoba membuat tampilan laci menjadi lebih menarik dengan hanya mengaplikasikan finger joint. Tapi tentu saja untuk membuatnya semakin bagus, beberapa modifikasi bisa dilakukan seperti:

  1. Aplikasi dua kayu dengan warna yang berbeda
  2. Pewarnaan pada ujung kayu sehingga menghasilkan pola kotak dengan warna berbeda
  3. Modifikasi bentuk “finger” atau jari pada sambungan ini agar terlihat lebih bagus

Masih banyak lagi cara modifikasi lainnya yang bisa Anda terapkan. Yang jelas, Anda tak boleh mengabaikan kualitas lem yang digunakan.

Mengapa lem?

Yang pasti, aplikasi finger joint selalu membutuhkan adhesive kayu atau lem. Sayangnya, banyak lem di pasaran yang tidak cocok dengan tipe sambungan ini. Lem kayu untuk finger joint Crossbond bisa dibilang satu dari sangat sedikut lem yang memiliki spesifikasi pas untuk finger joint. Pasalnya Crossbond bukan hanya memiliki daya rekat kuat saja, melainkan juga tidak menyebabkan glue line. Seperti yang kita tahu, glue line atau munculnya warna pada garis sambungan adalah masalah besar untuk sambungan seperti finger joint.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here