Lem tahan air merupakan jenis produk yang banyak dicari konsumen. Bahan ini cocok untuk memasang panel kayu pada dinding luar maupun dalam.

Ada trend baru dalam dunia desain rumah yang muncul dalam beberapa tahun terakhir. Trend tersebut ialah dekorasi rumah yang dihiasi dengan kayu panel. Biasanya, jenis dekorasi ini diperuntukkan untuk kamar mandi atau dinding luar rumah. Proses laminasi kayu pada dinding sangat mudah dilakukan. Hal yang paling penting ialah penggunakan bahan perekat yang tepat. Lem tahan air merupakan jenis bahan perekat yang tepat karena akan menjaga keawetan kayu menempel pada dinding.

Ide ini ternyata muncul bukan tanpa alasan karena masyarakat ini menampilkan kesan natural yang modern. Rumah dengan desain seperti ini juga membantu mengurangi laju pemanasan global beserta dampaknya. Alasan lain dari penggunaan bahan alam tersebut untuk memberikan kehangatan secara alami. Sehingga, dekorasi rumah dengan kayu panel cocok untuk rumah di daerah pengunungan.

Prosedur Laminasi Kayu Panel pada Dinding yang benar

CS BahanPerekat

Secara umum, masyarakat membuat dinding kayu panel dengan cara yang rumit. Selain bahan baku tersebut, proses pemasangan biasanya menggunakan paku dan sekrup. Kali ini, pemasangan kayu panel tersebut dapat dilakukan lebih mudah. Bahan yang dibutuhkan jauh lebih sedikit. Misalnya lem tahan air, alat perekat, pembersih dinding,dan alat ukur.

Langkah Pemasangan Kayu Panel dengan Sistem Laminasi

  1. Pilih bagian dinding yang akan dihias kayu panel.
  2. Ukur panjang dan lebar dinding kemudian dsiapkan panel sesuai kebutuhan.
  3. Bersihkan dinding dari debu dan kotoran.
  4. Olesi kayu panel dengan lem kemudian tempelkan secara hati-hati dan rapi.
  5. Bersihkan kayu panel dari debu, kotoran, dan lem yang keluar.
  6. Maksimalkan tampilan kayu dengan menambahkan top coat atau diberi cat warna solid (optional).

Lem Tahan Air untuk Kayu Panel yang Ramah Lingkungan

Ada banyak jenis lem dengan keunggulan tahan air yang dapat digunakan. Bahan perekat tersebut dapat dibeli di toko-toko bahan bangunan. Namun, tidak semua jenis produk yang ditawarkan baik untuk kesehatan dan lingkungan. Beberapa merek yang ditawarkan di pasaran masih menggunakan bahan kimia formalin. Produk-produk tersebut dinilai kurang aman karena formalin dapat menyebabkan penyakit untuk manusia dan hewan.

Lem untuk laminasi kayu panel dapat menggunakan produk yang terbuat dari PVAc (polyvinyl acetate). Bahan kimia ini lebih ramah lingkungan dan dapat diencerkan menggunakan air. Salah satu produk lem tahan air yang aman dan berkualitas ialah Lem Crossbond X 4. Bahan perekat ini tidah hanya ramah lingkungan tetapi dapat digunakan untuk area luar ruangan. Jadi, menghias dinding dengan panel kayu memiliki filosofi tersendiri dan lebih nyaman.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here