talenan kayu bagus

Ingin membuka usaha wooden kitchenware? Mengapa tidak? Tapi jangan salah menggunakan bahan-bahan pendukungnya. Misalnya lem, Anda wajib menggunakan merk lem food grade yang kualitas keamanannya benar-benar terjamin.

Alat Dapur dari Kayu yang Menawan

Siapa tak suka dengan tampilan kayu yang memang menawan? Kayu sebagai material yang sudah digunakan sejak zaman dulu kala, sempat meredup dan digantikan dengan banyak bahan sintetis. Namun akhir-akhir ini trend pemakaian kayu kembali menyeruak. Salah satunya adalah trend pemakaian alat dapur atau kitchenware dari kayu. Banyak restauran, hotel, hingga masyarakat awam yang mulai kembali memanfaatkan perlengkapan dapur dari bahan kaya selulosa tersebut.

CS BahanPerekat

Wooden kitchenware bahkan sudah tersedia dalam aneka jenis produk mulai dari mangkok, baki, talenan, gelas, hingga sendok. Secara umum, wooden kitchenware memiliki banyak kelebihan seperti:

1. Memiliki tampilan yang sangat khas dan menarik
2. Sangat cocok untuk restauran, kafe, dan usaha-usaha sejenisnya yang mengangkat tema etnik dan natural
3. Lebih lunak
4. Kesan natural lebih terasa
5. Aman
6. Selain bisa digunakan menurut fungsinya, wooden kitchenware juga dapat dipakai sebagai suvenir. Misalnya saja suvenir berupa sendok-sendok kayu hias yang lucu.

Wooden Kitchenware Harus Sangat Aman

Di tengah maraknya penggunaan kembali alat dapur dari kayu, ketersediaan berbagai produk tersebut punya tantangan tersendiri. Tantangannya berkaitan dengan keamanan produk. Memang, bicara soal bahan dasarnya, kayu yang dipakai secara umum sudah aman digunakan. Tapi bagaimana dengan bahan lainnya? Misalnya lem. Lem banyak digunakan dalam pembuatan wooden kitchenware seperti talenan laminasi. Oleh karena itulah pemakaian lem untuk kebutuhan ini harus aman, bahkan sudah food grade.

Dibutuhkan Merk Lem Food Grade yang Terjamin

Pemakaian lem yang aman juga diperlukan mengingat:
1. Regulasi atau peraturan yang menuntut keamanan produk, apalagi alat dapur dan alat makan. Apalagi bila Anda hendak mengekspor produk tersebut. Kualitas keamanan yang baik sangat dibutuhkan untuk menerobos pasar ekspor.
2. Trend di pasar di mana masyarakat mulai menyukai dan menuntut produk yang eco friendly tanpa kandungan toksik.

Tips Penting Membeli Merk Lem Food Grade

Untuk mendapatkan lem yang keamanannya benar-benar baik, memang bukan persoalan gampang. Apalagi terdapat banyak lem yang mengklaim produknya aman di pasaran. Nah agar Anda tak salah pilih, perhatikanlah poin-poin penting di bawah ini.

1. Pilih lem water based. Lem water based atau lem berbasis air adalah lem yang dalam formulasi dan pengencerannya menggunakan air, bukannya pelarut minyak serta turunannya. Lem water based secara umum lebih sedikit mengandung zat seperti VOC atau Volatile Organic Compounds. VOCs terdiri atas senyawa organik mudah menguap yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Contoh senyawa VOCs adalah formalin, benzena, dan toulena.
2. Pilih lem yang bahan dasar atau formulasinya memang aman, misalnya lem PVAc atau Polyvinyl Acetate.
3. Hindari lem yang memiliki bau pedas menyengat. Adanya bau pedas sering mengindikasikan lem yang mengandung VOCs.
4. Perhatikan dengan jeli kandungan lem pada kemasannya. Hindari yang mengandung zat berbahaya seperti logam berat.
5. Pilih adhesive yang standar keamanannya terjamin. Misalnya, adhesive tersebut sudah aman menurut standar keamanan nasional, lembaga kredibel, hingga internasional.

Nah, demikian pembahasan mengenai pentingnya memilih merk lem food grade untuk wooden kitchenware. Semoga bermanfaat ya!

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here