Jaminan kualitas finishing tempet terletak pada dua faktor, pertama adalah bahannya dan kedua adalah perekatnya. Veneer kayu adalah salah satu bahan finishing tempel. Bersama Crossbond X4, veneer akan berpengaruh pada kualitas hasil finishing yang dilakukan.

Apa itu Veneer?

Veneer merupakan pelapis yang menjadi salah satu andalan dalam proses finishing tempel. Pelapis ini berasal langsung dari kayu dan meski berbeda dengan kayu solid, namun memiliki beberapa kesamaan. Kesamaan tersebut antara lain terletak pada memungkinkannya bahan ini diamplas hingga difinish seperti kayu solid. Namun veneer merupakan lembaran tipis dengan lebar yang luas.

CS BahanPerekat

Veneer berbeda dengan pelapis lainnya yang juga biasa digunakan pada finishing tempel (finishing dengan menempelkan lembaran khusus). Misalnya saja HPL atau High Pressure Laminate. Bila HPL adalah material sintetis yang tak bisa dicat atau diamplas, veneer masih memiliki karakter tersebut. Bahan ini biasanya dipakai pada berbagai kayu olahan seperti MDF, HDF, hingga kayu lapis. Pemanfaatan veneer dinilai lebih murah dibanding kayu solid, namun tetap bisa menghadirkan beberapa kualitas kayu solid itu sendiri.

Jenis Veneer

Vener kayu adalah bahan yang terdiri atas beragam jenis atau varian. Berikut ini beberapa jenisnya yang paling umum ditemukan di pasaran.

Raw Wood Veneer

Veneer dari kayu mentah yang harganya paling murah.

Rotary-Cut Veneers

Merupakan vinir dari rotary cut yang harganya paling terjangkau.

Shop-Sawn Veneer

Veneer yang dibuat secara manual oleh tukang kayu. Biasanya lebih tebal dan harganya terjangkau.

Backed Veneers

Backed veneer kayu adalah veneer yang melibatkan bahan tambahan berupa kain maupun kertas. Vinir ini adalah jenis yang paling mahal.

Laminate Veneer

Merupakan veneer yang dibuat di mana beberapa lapis kayu ditekan bersama pada satu bahan. Lem dipakai untuk merekatkan lapisan-lapisan tersebut. Vinir ini biasanya harganya mahal namun kualitasnya yang paling bagus.

Membutuhkan Lem dalam Aplikasinya

Sebagaimana dijelaskan di atas, vinir merupakan pelapis yang umum digunakan sebagai pelapis kayu olahan. Aplikasi bahan ini sendiri selain membutuhkan veneer yang bagus juga membutuhkan lem yang berkualitas. Sebabnya, jelas terletak pada peran lem sebagai pemersatu antara media kayu olahan dengan veneer itu sendiri.

Di pasaran sendiri, sudah tersedia beragam jenis lem yang bisa dipakai. Namun memilih yang kualitasnya bagus, memang tidaklah mudah. Lem yang kami sarankan untuk Anda mengingat kualitasnya yang baik adalah Crossbond X4. Crossbond X4 merupakan lem laminasi PVAc water based yang bukan hanya kuat namun juga tahan air, tahan panas, tahan solvent, cepat kering, dan sangat ramah lingkungan. Bisa dibilang, baik Crossbond X4 maupun veneer kayu adalah dua faktor sentral dalam finishing tempel.

Jadi pilihlah keduanya dalam kualitas terbaiknya.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here