meja kayu (2)

Perhatikan hal ini bila Anda ingin membuat meja kayu.

Material yang dipakai untuk membuat mebel sudah barang tentu akan memberikan banyak pengaruh pada mebel yang dihasilkan. Bagi pelaku usaha mebel sendiri yang kerap menggunakan bahan kayu, adalah hal yang penting untuk mengetahui apa saja kekurangan dan kelebihan bahan tersebut. Kekurangannya bisa kita antisipasi, sedangkan kelebihannya bisa kita optimalkan. Nah, kali ini, bahanperekat.com akan membagikan penjelasan untuk mengoptimalkan kayu yang hendak Anda pakai untuk membuat meja. Tujuannya tentu agar meja yang Anda buat hadir dalam kualitas terbaiknya.

5 Tips Membuat Meja Kayu

Masalah Keseragaman

Bahkan dari satu jenis kayu pun, kerap kali warna kayu tidak seragam. Di satu sisi ini suatu klebihan namun di sisi lain, ini bisa jadi suatu kekurangan. Sebab, tak jarang kita harus bisa membuat banyak meja dengan tampilan identik. Lantas apa yang bisa dilakukan? Jangan khawatir. Kini, Anda bisa menyeragamkan warna kayu dengan pemutih kayu. Produk seperti White Agent WA 250 senantiasa bisa Anda andalkan.

Jenis Kayu dan Estetikanya

CS BahanPerekat

Tiap kayu memiliki keindahannya tersendiri. Anda harus mengetahui dengan pasti letak keindahan kayu tersebut dan memaksimalkannya. Caranya? Tentu saja dengan aplikasi model meja kayu yang bagus disertai dengan finishing yang baik. Sedangkan kayu yang tak terlalu bagus, bisa Anda atasi kekurangannya. Misalnya, untuk kayu seperti eboni yang sudah cantik dengan warna dan pola serat alaminya, Anda bisa mengaplikasikan finishing natural transparan. Sedangkan untuk kayu olahan yang tak punya pola serat dan warna menarik, aplikasi finishing tempel cocok diterapkan.

Keawetan

Beberapa jenis kayu memiliki resistensi yang sangat baik terhadap berbagai hama dan faktor cuaca. Jati, misalnya. Jati adalah kayu yang tahan jamur, tahan rayap, tahan guyuran hujan, dan juga tahan paparan terik matahari. Namun di luar jati, ada sangat banyak kayu lainnya yang tak memiliki ketahanan serupa.

Ini tak berarti bahwa kita harus menggunakan jati untuk membuat meja kayu. Harga jati toh terus meroket seiring berjalannya waktu. Anda hanya perlu untuk mengaplikasikan finishing yang baik dan bila perlu treatment pengawetan. Treatment pengawetan akan membuat kayu tahan hama jamur hingga rayap. Sedangkan kayu-kayu yang tak tahan cuaca, bisa Anda pakai secara spesifik untuk membuat mebel indoor.

Memadukannya dengan Material lain

Saat memadukan kayu dengan material lain, perhatikan baik-baik karakteristik tiap bahan yang digunakan tersebut. Kemudian padukan sesuai karakteristik yang Anda temukan. Sebagai contoh, Anda bisa memadukan kaca untuk membuat meja kayu. Kaca yang bisa memberikan kesan bening namun lebih mudah rusak dibanding kayu itu bisa Anda gunakan untuk top table atau bagian permukaan meja. Memang ada meja yang memakai kaki dari kaca atau gelas. Tapi caranya tidak mudah dan kaca yang digunakan pun beda dari kaca biasa.

Keamanan Kayu

Salah satu keunggulan utama bahan kayu adalah sifatnya yang sangat aman. Dibanding plastik hingga logam, kayu tidak mengandung bahan kimia berbahaya ataupun bisa menyebabkan karat. Optimalkanlah keunggulan kayu ini. Pastikan keseluruhan bahan yang digunakan untuk membuat meja kayu tak membuatnya menjadi produk mebel yang tidak eco friendly. Misalnya, untuk cat meja kayu, Anda bisa menggunakan cat berbasis air. Sedangkan untuk lemnya, Anda selalu bisa mengandalkan lem PVAc berbasis air yang kami sediakan, Crossbond!

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here