meja nampan decoupage

Meja lipat anak akan lebih menarik dengan aplikasi decoupage. Sebuah teknik kerajinan sederhana ini akan membuat meja Anda terlihat lain daripada yang lain. Bahkan dengan decoupage, Anda bisa membuat meja lipat dari nampan bekas! Kira-kira bagaimana ya cara membuatnya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Selama ini, ketika orang bicara mengenai bahan daur ulang, mereka sering terbayang pada material berbahan plastik. Bungkus makanan, bungkus kopi instan, hingga bungkus plastik lainnya cepat muncul dalam bayangan kita tatkala kita disuruh mengimajinasikan barang bekas untuk didaur ulang. Padahal, ada banyak barang lainnya yang sebetulnya memiliki potensi serupa untuk di-recycle. Contohnya nampan.

Nampan?

CS BahanPerekat

Yup. Dengan satu cara khusus, nampan bekas yang sudah tak menarik lagi bisa kita sulap menjadi berbagai jenis produk. Salah satunya adalah bagian atas untuk meja lipat anak. Penasaran bagaimana cara menyulap nampan bekas yang sudah jelek menjadi bagian atas meja yang menawan? Ikuti langsung tutorialnya di bawah ini.

Cara Mengubah Nampan Bekas Jadi Meja Lipat Anak!

Nampan yang sudah tak digunakan biasanya kurang menarik dari segi estetika. Untuk mengubahnya menjadi produk anak-anak tentu tampilan jelek tersebut harus segera diganti. Salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan aplikasi decoupage.

Alat dan Bahan

1. Napkin decoupage dengan pola dan gambar sesuai selera anak-anak. Misalnya pola bunga, hewan, kartun, hingga idola-idola si kecil.
2. Nampan, terutama yang terbuat dari kayu (bila memungkinkan)
3. Cat (bila diperlukan/ opsional) dan kuasnya
4. Lem khusus decoupage, Ultra Phaethon
5. Clear varnish atau pernis bening atau cat clear coat
6. Amplas untuk nampan yang terbuat dari kayu.
7. Gunting

Langkah-langkah Decoupage pada Nampan Bekas

1. Pertama-tama, kumpulkanlah semua perlengkapan yang telah disebut di atas. Pastikan semuanya sudah lengkap supaya ketika Anda memulai proyek ini, Anda tak perlu kelimpungan mencari bahan yang belum ada.
2. Siapkan dulu nampan bekas yang akan diubah menjadi bagian atas meja lipat anak. Bila kotor bersihkan, bila basah keringkan, dan bila nampan tersebut terbuat dari kayu, ratakan dan bersihkan dulu memakai amplas. Kikis lapisan cat lama yang sudah rusak bila dirasa diperlukan.
3. Bagi yang menggunakan nampan kayu atau logam, Anda bisa mengaplikasikan cat sebelum decoupage diterapkan. Untuk kayu, Anda bisa memanfaatkan cat BioVarnish warna natural maupun cat Orchid warna pastel (merah, kuning, biru, ungu, dan lainnya). Sedangkan untuk nampan logam, gunakan cat Orchid. Cat Orchid juga tersedia dalam warna metal seperti emas dan perak.
4. Tunggu cat mengering.
5. Setelah cat betul-betul mengering, lakukan pengamplasan secara ringan saja hanya agar permukaan cat halus.
6. Siapkan napkin decoupage. Anda juga bisa memanfaatkan kertas atau kain biasa. Tapi pastikan bahan yang digunakan sebagai pengganti napkin tersebut tahan cairan.
meja lipat decoupage7. Gunting gambar dengan rapi.
8. Siapkan lem Ultra Phaethon.
9. Rekatkanlah gambar pada area yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Gunakan Ultra Phaethon untuk merekatkan napkin decoupage ini.
10. Tunggu supaya lem mengering dengan baik.
11. Setelah lem kering, persiapkan clear coat, yakni produk cat atau pernis yang bening. Pilih yang tingkat kilaunya sesuai selera anak-anak, misalnya kilau glossy, semi glossy, hingga satin.
12. Aplikasikan clear coat. Tunggu kering, lalu amplas supaya permukaannya halus.
13. Selesai!

Nah, begitulah cara membuat meja lipat anak berbekal nampan bekas. Mudah sekali bukan?

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here