membuat dompet decoupage

Ingin membuat dompet terlihat lebih menarik? Yuk, ikuti proyek mingguan mudah berikut ini. Kali ini, bahanperekat.com akan memberikan tutorial decoupage menggunakan lem Ultra Phaethon untuk hasilkan aneka dompet cantik!


Decoupage merupakan suatu teknik kerajinan yang sangat khas dengan ciri pemakaian clear varnish pada media yang sudah ditempeli gambar-gambar. Teknik ini dianggap menjanjikkan karena menawarkan aneka tampilan yang lebih mudah dibuat. Dibanding teknik lainnya, decoupage disukai karena:

1. Lebih murah dengan hasil sangat baik
2. Bisa dikombinasikan dengan aneka teknik finishing yang menghasilkan kombinasi cantik
3. Hasil gambar yang lebih seragam
4. Proses pembuatan lebih cepat
5. Produk lebih terjangkau

CS BahanPerekat

Decoupage selain sudah menjadi andalan bisnis beberapa UKM, juga bisa kita lakukan sendiri untuk proyek rumahan. Tertarik membuatnya? Kali ini, yang kami contohkan adalah pengaplikasian decoupage untuk dompet.

Tutorial Decoupage Menggunakan Ultra Phaethon

Siapkanlah Bahan-bahannya!

Siapkan semua alat dan bahan pada daftar di bawah ini.
1. Napkin atau kertas decoupage. Napkin bisa Anda beli di toko craft khusus. Namun Anda juga bisa memanfaatkan kertas gambar biasa. Hanya saja, pilihlah kertas dengan gambar yang nantinya tidak luntur ketika diberi lapisan pernis. Selain itu, pastikan gambar yang akan ditempelkan cocok dengan warna dasar dompet.
2. Lem Ultra Phaethon. Anda bisa mendapatkan lem ini via kontak CS yang kami sediakan pada website ini. Harga Ultra Phaethon hanya Rp. 48.000,- saja. Kami sama sekali tidak merekomendasikan penggunaan lem lainnya.
3. Kuas
4. Dompet.
5. Clear varnish atau pernis (kadang juga disebut top coat). Pilih yang water based dan bisa diterapkan pada bahan dompet Anda. Pilih juga pernis dengan tingkat kilau yang Anda inginkan. Sebagai informasi, pernis kadang hadir dengan kilau rendah seperti matte, sedang doff, hingga tinggi atau glossy.
6. Kain lap
7. Setrika sebagai pemanas bila diperlukan

Tutorial Decouapage Menggunakan Lem Ultra Phaethon (Langkah-langkah)

1. Kumpulkan semua alat dan bahan yang sudah ditulis di atas.
2. Siapkan dompet yang akan Anda percantik dengan teknik ini. Pastikan dompet tersebut sudah bersih dan kering. Bila belum, cuci dulu dompet atau bersihkan dengan kain lap. Keringkan. Setrika bila dompet Anda terbuat dari kain supaya permukaannya tidak kusut.
3. Tentukan dulu di bagian mana Anda akan menempelkan napkin. Posisikan dengan cermat supaya hasilnya lebih menarik.
4. Rekatkan napkin atau kertas gambar pada tempatnya dengan lem Ultra Phaethon.
5. Biarkan lem benar-benar kering.
6. Aplikasikan clear varnish tipis-tipis saja secara merata.
7. Selesai!

Tips Agar Dompet Lebih Menarik

Cermati beberapa hal di bawah ini supaya dompet yang Anda hasilkan lebih menarik.
1. Ingat, clear coat atau pernis terdiri atas beberapa kilau. Pastikan Anda memilih kilau yang tepat. Selain itu, gunakan juga pernis water based. Jangan pernah menggunakan clear varnish solvent based karena baunya sangat menyengat dan kurang aman digunakan.
2. Selalu andalkan Ultra Phaethon.
3. Tambahkan aksesori bila dirasa perlu. Contohnya dengan menempelkan pita atau gantungan kunci yang cocok pada dompet.
4. Posisikan penempelan napkin dengan cermat.

dompet decoupage

Nah demikianlah tips dan tutorial decoupage menggunakan lem Ultra Phaethon. Semoga bermanfaat ya! Jadikan minggu Anda lebih asyik dengan merampungkan proyek menyenangkan ini. Bila dompet yang Anda buat cantik, tak ada salahnya juga untuk menjualnya bukan?

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here