meja lesehan

Ingin membuat meja lesehan? Mudah kok caranya. Siapkan saja Crossbond X3 dan beberapa perlengkapan woodworking standar!

Apakah Anda pelaku usaha mebel baru yang sedang membidik pasar meja warung lesehan? Atau Anda justru adalah pemilik warung lesehan yang ingin membuat mejanya sendiri? Jangan khawatir. Tutorial di bawah ini akan membantu Anda menghasilkan meja tersebut dengan cara dasar yang sangat mudah. Selain itu, biaya yang dibutuhkan pun sangat murah. Apalagi bila Anda sudah punya kayu sendiri yang bisa digunakan. Yuk, langsung saja simak pembuatan meja secara sederhana bersama lem andalan kami, Crossbond X3.

Alat dan Bahan

CS BahanPerekat

1. Potongan kayu untuk papan meja, bisa berupa tripleks, MDF yang sudah dilapisi veneer, ataupun potongan kayu yang dijajarkan, dengan luas total 45 cm x 90 cm. Bagi yang memakai beberapa potong kayu, sediakan juga setidaknya 3 potongan kayu memanjang (misal dengan ukuran lebar 5 x panjang 45 cm) untuk menyangga potongan yang disatukan tersebut.
2. Potongan untuk apron, 2 dengan ukuran lebar 5 cm x panjang 80 cm, dan 2 dengan ukuran lebar 5 cm x panjang 35 cm. Ketebalan kurang lebih 1,5 cm.
3. Potongan kayu untuk kaki meja, ukuran 35-40 untuk ketinggiannya. Untuk lebar dan tebalnya, kira-kira 5 x 5 cm.
4. Lem Crossbond
5. Paku dan pukul

Langkah-langkah Membuat Meja Lesehan dengan Crossbond X3

Meja yang akan dibuat adalah meja dengan ketinggian 35-40 cm dan luas bagian atas 90 x 45 cm. Apabila Anda ingin memodifikasinya, lakukan saja modifikasi sesuai dengan kebutuhan. Misal, bila dirasa meja yang akan dibuat lebih luas, maka tambahkan ukuran di atas. Tapi jangan lupa, sesuaikan juga ukuran apron meja. Agar lebih jelas, buatlah dulu gambaran berupa sketsa untuk meja tersebut, lengkap dengan bagian-bagian serta ukurannya yang presisi. Setelah itu, barulah terapkan langkah-langkah di bawah ini.

Membuat Bagian Atas Meja

Anda memiliki dua opsi untuk membuat bagian atas meja, yakni memakai tripleks, dan yang kedua memakai potongan kayu. Anda juga bisa memanfaatkan MDF atau kayu olahan. Yang penting, sediakanlah kayu dengan luas total 90 x 45 cm. Agar lebih ringkas, sebaiknya gunakan MDF atau tripleks. Tapi bila Anda menggunakan potongan kayu, aplikasikan Crossbond untuk merekatkan potongan tersebut di sisi samping. Gunakan clamp press hingga ikatan menguat. Setelah itu, ambil 3 potongan penyangga. Lem pada 3 titik dengan rentang 30 cm pada sisi panjang 90 cm meja. Sekiranya lem sudah mengering, paku penyangga pada papan potongan kayu agar lebih kuat.

Memasang Apron

Pasang apron dengan jarak 5 cm dari tiap ujung bagian atas meja. Tandai di mana Anda akan merekatkan apron. Untuk memasangnya, aplikasikan dulu adhesive Crossbond X3. Setelah itu, lakukan pemakuan pada sisi apron yang bertemu.

Memasang Kaki Meja

Setelah apron terpasang, pasang kaki meja di sudut apron. Caranya, rekatkan dengan lem dan kuatkan dengan paku sebagaimana langkah sebelumnya.
Nah, kini meja Anda sudah selesai dibuat. Total biaya yang dikeluarkan ternyata tak begitu banyak. Apalagi bila Anda sudah punya sendiri kayu yang akan dipakai. Untuk kebutuhan pribadi (baik untuk diri sendiri atau usaha warung sendiri), kayu yang dipakai tak perlu harus kayu-kayu mahal untuk woodworking. Gunakan saja sisa kayu yang sekiranya tak terpakai lagi atau kayu dari pohon yang ditebang. Cara ini akan membuat biaya produksi makin rendah.

Kini setelah selesai, meja tersebut bisa Anda finish dengan tipe finishing yang Anda suka. Sesuaikan saja dengan kebutuhan pemakaian meja lesehan tersebut. Misalnya, bila Anda ingin menggunakannya di warung dengan tema vintage, aplikasikan finishing vintage seperti boat recycle finish, white wash, rustic, atau patina. Beda lagi bila Anda ingin memanfaatkannya untuk rumah makan gaya Jepang. Anda akan lebih tepat memilih finishing warna natural baik yang gelap ataupun terang.

Lem Kayu Super Kuat Crossbond X3

Sekiranya, demikianlah cara membuat meja lesehan hingga tips finishing yang tepat digunakan. Jangan lupa gunakan Crossbond untuk membuat furniture tersebut. Nantikan terus artikel kami yang akan membahas berbagai tips dan panduan seputar dunia pengeleman dan woodworking.

Semoga bermanfaat.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here