membuat bros bunga flanel

Hanya dengan 4 langkah super mudah Anda bisa membuat bros cantik dari kain flannel. Alat dan bahan yang dibutuhkan pun sangat sederhana lho!

Flanel atau dalam Bahasa Inggris disebut felt adalah salah satu jenis material craft yang sangat banyak digunakan. Kain ini memiliki karakter unik dengan permukaan yang cenderung berserat dan memiliki kekakuan lebih tinggi dibanding kain-kain lainnya. Karena karakternya itulah, flannel banyak dipakai dalam pembuatan aneka produk kerajinan tangan. Apalagi berbagai produk material kain flannel sering hadir dengan warna-warna pastel yang sangat menarik hati.

CS BahanPerekat

Nah, pada kesempatan ini, bahanperekat.com ingin mengajak pembaca untuk membahas mengenai cara pembuatan bros dari kain tersebut. Seperti yang kita ketahui, flannel adalah salah satu bahan yang sangat banyak dipakai untuk membuat aneka bros. Bros-bros dari kain flannel mampu memberikan kesan warm dan unik karena karakter kainnya tersebut. Seiring dengan trend berhijab yang sangat populer belakangan ini, bros dari kain ini pun memiliki peminat tersendiri. Tak ada kilau yang dipancarkan seperti saat kita menggunakan manik-manik mutiara, tapi tetap saja, flannel brooch (bros flannel) punya daya tarik tersendiri yang elegan dan menawan.

Langsung saja, berikut ini langkah-langkah untuk membuat bros dari kain flanel. Tentu saja, proses pembuatan ini masih didukung dengan lem craft andalan kami, Eva Phaethon. Sebagai lem yang bisa dipakai untuk merekatkan media beda karakter, Eva Phaethon akan membuat produk bros tidak mudah lepas.

Alat dan Bahan

1. Lem Phaethon
2. Kain flannel dengan warna yang menurut Anda menarik
3. Jarum dan benang
4. Gunting
5. Alat tulis
6. Penggaris
7. Kuas kecil
8. Tutup botol
9. Pin atau peniti

Cara Membuat Bros dari Kain Flanel

1. Siapkan kain flannel yang ingin Anda jadikan bros. Pilihlah warna yang cocok merepresentasikan warna bunga. Misalnya saja ungu, pink, merah, peach, hingga oranye atau jingga.
2. Buatlah pola lingkaran menggunakan tutup botol. Pilih tutup botol berdasarkan besar bros yang Anda ingin buat. Tandai dengan alat tulis.
3. Setelah itu, gunting flanel berdasarkan pola tutup botol yang sudah dibuat.
4. Lakukan langkah 2 dan 3 sampai terbentuk 3 buah lingkaran seukuran tutup botol
5. Potong lingkaran kain flanel tersebut menjadi dua. Jadi sekarang, Anda memiliki 6 buah potongan kain felt berbentuk setengah lingkaran.
6. Siapkan benang dan jarum. Masukkan dulu benang ke jarum untuk menjahit potongan kain flanel.
7. Jahit secara horizontal di bagian bawah potongan flannel. Agar lebih jelas, perhatikan gambar ilustrasi yang ditampilkan.
8. Setelah semua terjahit, tarik benang jahitan secara hati-hati namun tetap kencang.
9. Kunci jahitan supaya tidak lepas.
10. Balikkan kain flannel yang terjahit tersebut supaya bagian depan tak menampakkan bekas jahitan. Nah, kalau Anda berhasil, sekarang Anda sudah memiliki bunga mungil cantik dari kain flanel.
11. Untuk memasang pin atau peniti, siapkan lem Eva Phaethon.
12. Rekatkanlah pin peniti tersebut di bagian belakang bunga tersebut.
13. Selesai!

membuat bros flanel

Berhasilkah Anda mengikuti langkah-langkah di atas? Bila hasilnya menarik, jangan ragu untuk coba memasarkannya di berbagai online shop hingga toko terdekat. Siapa tahu, Anda menemukan peruntungan bisnis pada pembuatan craft ini. Tapi ingat, selalu gunakan perekat berkualitas agar bros flanel bunga Anda tak mudah lepas.

Semoga bermanfaat ya!

Sumber gambar: mayholicraft(.)wordpress.com

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here