meja sofa

Ada berbagai hal yang bisa membuat meja sofa kita yang menawan itu rusak. Salah satunya adalah ketika bagian sambungan meja lepas. Tak ayal lagi, persoalan ini butuh adhesive dengan kualitas yang baik.

Salah satu mebel yang punya tempat tersendiri di rumah adalah meja sofa. Meja dan sofa seringkali digunakan untuk menyambut tamu di ruang tamu. Keduanya harus hadir dalam kualitas yang baik atau setidaknya lebih baik dibanding mebel lainnya di dalam rumah. Tak heran sebetulnya, sebab meja ini menjadi representasi rumah kita dan diri kita sendiri di hadapan para tamu yang datang.

Meski demikian, meja dan sofa bukanlah produk yang senantiasa bisa hadir dalam kondisi terbaiknya. Karena satu atau beberapa hal, kerusakan sangat bisa terjadi. Bila kerusakan sudah terjadi, estetika produk akan terlihat buruk, pun demikian dengan fungsinya yang terganggu. Lantas apa yang bisa dilakukan?

CS BahanPerekat

Tentu saja kita tak bisa secara asal membeli meja dan sofa baru. Biaya atau harga yang harus dikeluarkan untuk hal tersebut pastinya sangat besar. Daripada sekedar asal membeli produk baru, ada baiknya untuk mencoba memperbaikinya terlebih dahulu. Caranya? Caranya tentu saja tergantung pada kerusakan mebel tersebut.

Solusi Ketika Lem Meja Sofa Lepas

Salah satu jenis kerusakan yang tak jarang terjadi pada meja dan sofa tamu adalah lepasnya bagian penyambungan antar komponen produk tersebut. Hal ini biasa terjadi pada bagian kaki meja maupun pada bagian kaki sofa. Selain itu, kadangkala kedua bagian tersebut juga patah.

Lantas bagaimana cara untuk mengatasinya?

Memperbaiki meja sofa pada dasarnya bukan hal yang sulit dilakukan. Namun memang tak semudah itu juga. Apalagi agar hasilnya bisa rapi dan bagus. Meskipun demikian, kita tetap bisa melakukan perbaikan sendiri asalkan dengan cermat dan hati-hati. Berikut ini tips perbaikan meja dan sofa.

Sediakan Dulu Crossbond

Nah, sebelum membahas mengenai cara memperbaiki kedua mebel yang rusak tersebut, sediakan dulu lem yang tepat, Crossbond. Crossbond merupakan lem kayu PVAc yang kami rekomendasikan untuk memperbaiki aneka jenis mebel karena daya rekatnya yang baik, mudah digunakan, aman, dan sangat hemat.

Nah, sebelum membahas mengenai cara memperbaiki kedua mebel yang rusak tersebut, sediakan dulu lem yang tepat, Crossbond. Crossbond merupakan lem kayu PVAc yang kami rekomendasikan untuk memperbaiki aneka jenis mebel karena daya rekatnya yang baik, mudah digunakan, aman, dan sangat hemat.

Cara Memperbaiki Meja Sofa Rusak

  1. Perbaikan pada Komponen yang Lepas karena Lem Lama Rusak
  2. Gunakan amplas, bersihkan sampai bersih lapisan lem yang lama.
  3. Siapkan Crossbond. Oleskan dengan kuas pada bagian penyambungan yang lama.
  4. Rekatkan. Ikat bagian yang direkatkan supaya posisinya stabil dan saling menekan sampai lem benar-benar kering.

Apakah harus menggunakan paku? Jawabannya tergantung. Bila memang ada paku yang turut lepas, pemakuan kembali bisa dilakukan. Namun bila tidak, Anda cukup mengandalkan lem Crossbond saja.

  1. Memperbaiki Meja Sofa Rusak karena Patah
  2. Bersihkan bagian yang patah. Ratakan kedua bagian yang akan disambungkan kembali.
  3. Bila ada bagian yang perlu diganti, cari kayu pengganti lainnya. Potong sesuai dengan ukuran dan bentuk bagian kayu yang akan ditambal.
  4. Rekatkan dengan Crossbond. Setelah itu, ikat bagian patahan yang disambungkan tersebut sampai lem benar-benar kering.

Sebetulnya, proses untuk memperbaiki meja sofa bisa dilakukan dengan mudah. Namun agar hasilnya rapi, Anda harus cermat dan hati-hati. Selain itu, pastikan juga untuk senantiasa menggunakan Crossbond. Sebab lem ini cocok digunakan untuk semua kalangan termasuk orang awam yang tak biasa menggunakan alat dan bahan woodworking.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here