Distributor Lem Kayu Konstruksi Crossbond

Bila kita bandingkan, jumlah lem kayu ramah lingkungan masih kalah dibanding lem yang membahayakan alam. Meskipun demikian, sudah menjadi tanggung jawab moral bagi setiap penduduk dunia untuk berkontribusi positif pada planetnya. Salah satu caranya ialah dengan menggunakan lem yang ramah pada bumi.

Tiap hari, tiap jam, tiap menit, dan bahkan tiap detik, jumlah polusi di bumi semakin bertambah. Ketidakpedulian kita menjadi salah satu penyebabnya. Banyak yang merasa tidak bisa melakukan apapun lantas menyepelekan isu ini. Padahal, tiap tindakan kita bisa saja berdampak bila dilakukan bersama-sama. Tak perlu repot-repot. Salah satu cara praktis yang dapat kita lakukan adalah menggunakan produk-produk green untuk kebutuhan harian maupun profesional. Lem kayu ramah lingkungan bisa jadi awal di mana kita memulainya.

Mengapa Lem?

CS BahanPerekat

Lihatlah sekeliling Anda. Beragam produk seperti mebel harus diproduksi menggunakan lem. Tapi tahukah Anda bahwa beragam produk lem yang digunakan tersebut belum tentu berdampak baik pada alam?

Justru yang terjadi sebaliknya. Kebanyakan lem yang beredar di pasaran adalah lem yang membahayakan alam sedangkan jumlah lem ramah lingkungan masih sangat sedikit. Meskipun memprihatinkan, bukan berarti situasi ini tak memiliki solusi. Ada yang bisa kita lakukan meskipun sesederhana menggunakan adhesive-adhesive green product.

Yang Bahaya Saat Kita Tak Menggunakan Lem Kayu Ramah Lingkungan?

Apa sebenarnya yang bisa diakibatkan lem kayu toksik? Pertanyaan ini tentu hanya bisa dijawab bila kita tahu apa saja kandungan membahayakan yang terdapat pada lem terkait.

Zat-zat membahayakan yang ada dalam lem sendiri beragam. Antara satu produk dengan yang lain tidak bisa disamakan. Namun bila kita perhatikan ada satu bahan dominan yang banyak ditemukan di antara beragam lem tersebut, yakni solvent.

Solvent atau pelarut berbahan dasar fosil (thiner, spiritus, dst) merupakan contoh zat  yang sering digunakan pada lem. Zat ini mengandung senyawa organik tertentu seperti toulena dan formalin yang dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Saat digunakan sebagai produk lem, paparannya di alam jelas dapat mengakibatkan gangguan pada siklus hidup ekosistem.

Keuntungan lain Menggunakan Lem Kayu Ramah Lingkungan

Selain dapat berkontribusi positif pada alam, sebenarnya ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan penggunaan lem non toksik. Pertama, tentu produk Anda akan lebih diminati seiring dengan trend penggunaan produk aman yang terus meningkat. Kedua, bila Anda ingin mengekspor produk Anda seperti mebel dan craft ke luar negeri, maka penggunaan lem ramah lingkungan sangat penting. Sebab, negara-negara tujuan ekspor seperti Amerika dan Jepang biasanya memiliki regulasi ketat akan hal ini.

Jadi, anggapan bahwa penggunaan lem kayu ramah lingkungan yang aman tidak menguntungkan sangat salah. Selain Anda tidak merusak bumi, Anda juga bisa memperoleh lebih banyak keuntungan.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here