veneer kayu

Ingin memasang veneer tapi bingung memilih lem yang harus digunakan? Gunakan lem kayu cepat kering untuk laminasi ini. Selain kualitasnya baik, adhesive ini juga bisa membuat proses pengerjaan lebih efisien tenaga dan waktu.


Veneer kayu adalah salah satu produk modern woodworking yang memiliki banyak fungsi. Dari segi fisiknya, veneer berupa lembaran tipis yang dipotong dari kayu solid. Material ini banyak digunakan dalam berbagai proses finishing tempel untuk kayu-kayu yang kurang bisa dicat. Selama ini, pemakaian veneer dinilai menguntungkan karena:

1. Tersedia dalam berbagai tampilan menarik
2. Harganya sangat beragam sehingga bisa disesuaikan dengan budget
3. Sangat sesuai untuk finishing tempel kayu olahan

CS BahanPerekat

Aplikasi penggunaan veneer dewasa ini juga semakin marak dilakukan. Contohnya dalam pembuatan meja, buffet, hingga meja belajar. Kursi-kursi untuk kebutuhan kantor juga banyak dibuat dari veneer. Apalagi veneer dinilai lebih unggul dibanding pelapis lain. Sebab, meski bukan kayu solid, namun material ini masih memiliki sifat kayu alami sehingga dapat diamplas hingga difinishing ulang apabila mengalami kerusakan. Pemakaian kayu olahan atau engineered wood belakangan ini juga makin membuat vinir banyak dipakai. Veneer dapat diaplikasikan untuk:

1. Particle. Particle board adalah kayu olahan dari bekas limbah kayu dan merupakan tipe kayu olahan dengan kualitas paling rendah.
2. Fiberboard. Fiberboard terdiri atas MDF atau Medium Density Fiberboard dan HDF atau High Density Fiberboard. Bahan ini sudah cukup bagus meski kurang tahan air.
3. Blok Board. Blok board adalah engineered wood kelas menengah yang terbuat dari kayu solid diapit tripleks. Kayu ini dinilai kuat dan lebih tahan air namun masih rentan pada rayap.
4. Kayu Lapis. Kayu lapis adalah kayu olahan kelas medium atas yang memiliki sifat kuat, tahan air, dan lebih resisten terhadap rayap. Namun kayu ini kurang memiliki kemampuan menahan beban berat.

Mau Pasang Veneer? Jangan Lupa Lem Kayu Cepat Kering untuk Laminasi

Oleh karena penggunaannya yang saat ini sudah begitu banyak, veneer bisa dikatakan menjadi salah satu kayu penting dalam industri woodworking. Untuk mendukung aplikasi material ini, kami menyarankan pemakaian lem atau bahan perekat yang tepat. Mengapa lem?
Seperti telah diketahui, untuk merekatkan vinir pada medianya, tentu dibutuhkan lem dengan kualitas yang baik. Lem tersebut pertama-tama harus termasuk tipe lem laminasi sebagaimana tipe perekatan veneer. Lem untuk laminasi yang kami sarankan adalah Crossbond X4. Di luar kekuatan dan ketahanannya yang baik, adhesive ini memiliki kecepatan kering ideal. Kualitas tersebut akan membuat proses pengerjaan lebih efisien. Berikut ini penjelasannya.

Keuntungan Menggunakan Lem Kayu Cepat Kering untuk Laminasi

Proses Produksi Berjalan Cepat

Dengan lem kayu yang kecepatan keringnya lebih baik, proses pembuatan mebel akan berjalan lebih cepat.

Dana dan Tenaga Lebih Efisien

Dampak dari proses produksi yang lebih cepat seperti disebutkan pada poin 1 adalah efisiensi dana dan tenaga yang harus dihabiskan. Pada akhirnya hal ini pun akan berimplikasi pada budget atau cost of production yang lebih rendah.

Pengerjaan Lebih Rapi

Dengan kecepatan kering lem yang baik, proses pengerjaan akan membuat hasilnya lebih rapi. Veneer bisa dengan cepat merekat secara stabil dengan permukaan lebih rata dan halus. Bayangkan bila kecepatan kering lem lambat. Di antara dampak paling buruk adalah hasil yang kurang baik karena banyak gangguan dari faktor eksternal.

Demikian 3 keuntungan penggunaan lem kayu cepat kering untuk laminasi pada pemasangan veneer. Semoga bermanfaat.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here