papan fjlb

Adhesive berjenis lem kayu laminasi merupakan adhesive yang memiliki fungsi spesifik dalam perekatan produk-produk non struktural. Misalnya saja Crossbond X4. Lem ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan perekatan laminasi. Dua di antaranya adalah veneer dan laminate.

Vinir

Vinir adalah sebuah material tipis yang memiliki fungsi dekoratif. Meski demikian, tak jarang istilah vinir digunakan untuk merujuk pada material lapisan kayu tipis saja. Pemanfaatan vinir sendiri telah lama dan banyak dimanfaatkan masyarakat. Pernahkah Anda mendapati sebuah produk furniture yang mengelupas bagian luarnya dan menampakkan bagian dalam yang benar-benar berbeda? Kemungkinan besar yang Anda dapati dengan tampilan seperti itu ialah furniture ber-vinir. Vinir memang kerap digunakan sebagai pelapis terluar untuk kayu olahan seperti mdf hingga plywood.

Laminate

Istilah wooden laminate atau kayu laminasi merupakan istilah dengan makna sangat luas. Istilah ini bisa merujuk ke suatu proses pelapisan lembaran-lembaran tipis kayu lapis maupun ke produk-produk yang dihasilkannya. Plywood merupakan contoh wooden laminate. Dan sama seperti pada vinir, kayu laminasi juga sudah lama serta banyak dimanfaatkan masyarakat. Misalnya untuk bahan pembuatan langit-langit, meja, hingga almari.

Perlunya Lem Kayu Laminasi Crossbond untuk Laminate dan Vinir

CS BahanPerekat

Bahasan mengenai pengertian vinir dan laminate telah dijelaskan di atas. Dari segi pengertiannya, tampak bahwa kedua istilah itu bukan lawan satu sama lain. Vinir dan kayu laminasi seperti plywood bisa saja diaplikasikan bersama-sama.

Dalam aplikasinya ini, dibutuhkan adhesive yang spesifik dari golongan lem laminasi. Adhesive yang bisa Anda gunakan ialah Crossbond X4. Lem ini memiliki kekuatan ikat yang baik dan ketahanan khusus terhadap cuaca. Crossbond X4 cocok untuk pengeleman laminasi karena sifatnya yang mudah meresap ke dalam kayu namun tetap bisa menghasilkan perikatan kuat. Adhesive ini juga mudah digunakan dengan langkah sebagai berikut:

  1. Persiapan media
  2. Aplikasi Crossbond dengan pengolesan ke salah satu media kayu
  3. Menunggu hingga kering dan menggunakan clamp press

Selain mudah diikuti, lem kayu laminasi Crossbond juga bisa dibeli dengan harga terjangkau, yakni Rp. 50.000,-. Dengan harga tersebut, Anda bisa merekatkan berbagai produk kayu laminasi maupun vinir.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here