furniture jati

Yuk, cermat memilih dan menggunakan merk lem untuk kayu jati! Karena bahan kayunya sudah sangat berkualitas, tentu lemnya pun harus berkualitas juga.

Dari berbagai jenis kayu yang ada di pasaran, jati atau Tectona grandis merupakan salah satu jenis kayu yang banyak dimanfaatkan. Kayu ini dikenal berasal dari tanaman yang punya sifat meranggas dan banyak ditemukan di berbagai pulau di Indonesia terutama di wilayah Indonesia tengah.

CS BahanPerekat

Jati sebagai kayu yang banyak dimanfaatkan oleh manusia memiliki berbagai sifat unggulan. Kayu ini mempunyai karakter yang sangat baik seperti:

1. Kekuatan yang sangat baik bahkan kelas kuat nomor 1
2. Keawetan yang sangat baik. Secara alami, jati memiliki kandungan tannin yang bersifat anti hama.
3. Memiliki tampilan sangat menawan
4. Mudah dikerjakan dan tidak mudah rusak
5. Kembang susut rendah sehingga bentuk dan ukurannya stabil
6. Sangat kokoh sehingga bisa digunakan untuk kebutuhan yang menanggung beban berat

Meskipun secara umum sudah sangat baik, pemilihan kayu jati tetap harus dilakukan dengan hati-hati. Agar tak salah pilih, berikut ini kami paparkan beberapa tips penting untuk mendapatkan kayu jati kualitas unggulan:

1. Pilih jati yang usianya sudah tua. Seperti kayu jenis lainnya, makin tua ukurannya, kualitasnya pun makin bagus. Sebab kayu yang tua mengandung banyak jaringan teras dibanding jaringan gubal.
2. Perhatikan langsung komposisi gubal dan teras. Pilih yang komposisi gubalnya sedikit.
3. Kayu jati yang baik adalah yang memiliki kepadatan yang baik. Untuk memilih jati padat, perhatikan pori kayu.
4. Perhatikan pula estetika kayu yang akan Anda beli. Pasar biasanya menyukai tampilan Tectona grandis yang lebih gelap.
5. Hindari adanya mata mati. Mata mati adalah indikasi bahwa kayu terkait punya potensi pecah.
6. Hindari jaringan gabus.
7. Pilih yang tak berlubang. Lubang akan membuat tampilan produk buruk. Selain itu, adanya lubang juga indikasi keberadaan hama seperti kumbang tortor.

Diperlukan Merk Lem untuk Kayu Jati yang Bagus

Pembuatan mebel jati membutuhkan kualitas bahan yang baik. Oleh sebab itulah, tips-tips pemilihan jati yang baik di atas perlu Anda aplikasikan kala akan membeli kayu tersebut. Tapi tentu saja kualitas kayu yang baik saja tidaklah cukup. Selain masalah kayu, kita juga harus memperhatikan kualitas bahan lainnya. Misalnya kualitas lem atau bahan perekat.

Lem adalah bahan yang banyak digunakan dalam pembuatan mebel. Peran lem adalah sebagai perekat pada sambungan kayu. Lem bisa digunakan sendiri atau dikombinasikan dengan penggunaan paku. Tapi yang jelas, kualitas adhesive yang baik diperlukan untuk menghasilkan produk yang baik.

Menyadari hal tersebut, merk lem untuk kayu jati yang kami sarankan adalah Crossbond. Crossbond terdiri atas varian Crossbond X3 dan Crossbond X4. Keduanya merupakan lem PVAc water based yang dimodifikasi dengan inner cross linker. Adhesive ini kuat, tahan lama, cepat kering, mudah diaplikasikan, serta tak menyebabkan glue line.

Crossbond untuk Aneka Macam Produk Jati

Kualitas Crossbond yang baik akan membantu Anda menghasilkan aneka produk kayu jati seperti:

1. Indoor furniture, misalnya untuk membuat meja dan kursi ruang tamu
2. Outdoor atau garden furniture
3. Elemen bangunan, misalnya untuk wall paneling dan lantai decking kayu
4. Eleman moda transportasi
5. Pembuatan dekorasi dan kerajinan

Merk lem untuk kayu jati ini akan membantu Anda mewujudkan berbagai produk berkualitas dengan kualitasnya yang memang sangat diunggulkan.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here