panel kayu bekas

Kebutuhan akan bahan perekat untuk kayu di Indonesia masih sangat tinggi. Banyak industri pengolahan kayu yang menggunakan lem untuk kebutuhan penyambungan dan laminasi. Misalnya, penyambungan finger joint pada furniture dan laminasi lantai untuk kolam renang. Intinya, lem sangat berguna bagi semua kebutuhan interior dan eksterior. Oleh karena itu, informasi tentang harga lem kayu 2016 sangat dibutuhkan oleh konsumen.

Produsen lem di Indonesia sangat banyak bagaikan jamur. Sehingga, harga untuk 1 brand dengan brand yang lain sangat bersaing. Hal ini pasti membuat konsumen harus benar-benar cermat dalam memilih bahan perekat tersebut. Salah memilih produk atau brand berpengaruh pada harga yang dihasilkan serta biaya produksi. Apalagi, tidak semua lem kayu yang mahal memiliki kualitas unggul.

Tawaran Harga Lem Kayu 2016 dari Brand-Brand Unggulan

Konsumen selalu mencari dan membandingkan harga dari satu ke produk yang lain. Hal ini dilakukan supaya biaya produksi atau cost of production-nya tetap stabil. Bahkan, mereka ini anggaran untuk produksinya lebih hemat. Dibawah ini ada beberapa harga lem kayu 2016 dari brand-brand unggulan. Pengambilan beberapa produk tersebut karena banyak dipakai oleh konsumen.

CS BahanPerekat

Lem Presto Polychemie adalah bahan perekat penganti lem epoxy. Lem kayu dari PVAc (polyvinyl acetate) ini digunakan untuk proses konstruksi dan laminasi. Produk ini juga tahan panas, tahan solvent, cepat kering, dll. Harga untuk bahan perekat ini sekitar Rp. 25.000,- per botol dengan ukuran 600 gram. Untuk pembelian 1 karton, harga lem ini menjadi Rp. 24. 000,-/ botol (satu karton= 15 botol).

Lem Titebond 20 merupakan lem impor dari US (United Stated). Produk ini terbuat dari VAC (vinyl acetate) dan memiliki warna putih. Bahan perekat khusus kayu dan metal ini di-repacking kembali di Indonesia dalam kemasan 417-500 ml. Harga untuk brand ini berada di angka Rp. 115.000,- sampai Rp. 179.000,-. Sementara itu, harga untuk satu barel sekitar $ 20-50.

CRossbond X 3 merupakan bahan perekat ramah lingkungan dari PVAc modifier juga. Bahan perekat ini diformulasikan khusus untuk kebutuhan penyambungan kayu dan furniture interior. Produk ini cepat kering, hemat, tidak beracun, dan tidak berbau. Harga untuk bahan perekat ini ialah Rp. 165.000,-/ gallon. Satu gallon berisi 4 kg dan lem ini juga bisa digunakan untuk proses laminasi. Namun, produk ini harus digunakan pada kayu lunak dan untuk lantai atau dinding dalam ruangan.

Crossbond X 4 merupakan lem super khusus laminasi kayu. Produk ini sangat cocok untuk kebutuhan eksterior yang rentan akan serangan cuaca ekstrim. Bahan perekat ini telah dibuat sesuai standard ECHA reach regulation dan US-EPA. Keduanya mengatur tentang penggunaan bahan kimia berbahaya dan mengontrol kandungan racun serta VOC content. Dengan demikian, produk ini tidak beracun dan sangat rendah VOC contentnya. Untuk lem crossbond, konsumen dapat memperolehnya dengan harga Rp. 355.000,-/gallon (1 galon= 4kg).

Itulah daftar harga lem kayu 2016 dari produk yang sering digunakan oleh konsumen. Dengan adanya informasi ini, industry kayu dapat memilih produk yang tepat sehingga cost of production-nya tetap rendah (low).

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here