Lem Kayu Konstruksi

Penggunaan dowel dalam penyambungan kayu termasuk salah satu yang banyak diterapkan. Untuk memaksimalkan fungsinya, diperlukan penggunaan lem kayu konstruksi berkualitas. Selain itu, jenis kayu sampai cara aplikasinya pun perlu diperhatikan.

Dowel

Secara umum, bisa dikatakan bahwa dowel merupakan batang silindris kecil yang digunakan untuk keperluan sambungan kayu. Dowel dimasukkan ke dalam lubang kayu yang akan direkatkan sehingga terjadi persatuan pada kayu-kayu tersebut. Dengan desain ini, dowel menjadi salah satu bahan sambungan yang bisa memberikan kekuatan besar. Alat ini pun bisa digunakan untuk furniture hingga kebutuhan pembangunan gedung (konstruksi).

Penggunaan Lem Kayu Konstruksi Berkualitas pada Dowel

Untuk menggunakan dowel, ada satu bahan tambahan yang tidak boleh Anda lupakan. Bahan tersebut ialah lem atau bahan perekat. Penggunaan lem dimaksudkan agar hubungan antar dowel dengan lubang benar-benar menyatu. Persatuan ini akan menghilangkan gesekan antar keduanya yang berpotensi menyebabkan kerusakan.

CS BahanPerekat

Dalam sambungan dowel ini, kebutuhan lem bisa Anda penuhi dengan aplikasi Crossbond X3. Crossbond X3 adalah salah satu adhesive yang bisa digunakan untuk berbagai penyambungan kayu. Water based polyvinyl acetate ini merupakan lem konstruksi yang banyak digunakan untuk pembuatan rangka produk termasuk mebel hingga bangunan. Sebagai lem indoor, Crossbond memiliki keamanan yang sangat baik. Lem ini tidak akan membuat furniture atau bangunan berbau menyengat dan mengandung solvent yang toksik.

Saran Krusial Penggunaan Lem Kayu Konstruksi Crossbond

Memilih lem kayu konstruksi berkualitas merupakan kebutuhan penting dalam aplikasi dowel. Namun ketersediaan lem berkualitas saja tidak cukup. Berikut ini beberapa tips untuk aplikasi dowel yang lebih baik.

Kayu yang Digunakan

Tiap jenis kayu memiliki karakter tersendiri. Sehingga kami sangat menyarankan penggunaan kayu dari jenis yang sama. Harapannya, dengan kesamaan karakter tersebut, dowel bisa benar-benar bekerja maksimal.

Jarak dan Presisi Ukurannya

Perhatikanlah jarak di antara sisi paling luar kayu dengan lubang paling dekat. Berilah jarak setidaknya setengah diameter lubang. Pastikan juga ukuran tersebut dibuat benar-benar tepat.

Cara Aplikasi

Jangan sembarangan menggunakan dowel. Pada saat kita memasukkan dowel ke lubang, lakulanlah dengan hati-hati. Sebab, kadang-kadang ada kasus di mana dowel patah saat dimasukkan sembarangan.

Demikian tips aplikasi dowel berserta pentingnya penggunakan lem kayu konstruksi berkualitas.
Semoga bermanfaat!

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here