gitar rusak lem buruk

Dibalik sebuah dekorasi yang mempesona selalu ada beberapa faktor penting yang mendukungnya. Salah satunya ialah pemilihan lem untuk laminasi kayu yang tepat.

Akhir-akhir ini, seni mendekorasi rumah agak berbeda dari beberapa tahun sebelumnya. Biasanya, dekorasi tersebut baik interior maupun eksterior menggunakan banyak bahan dan peralatan. Namun, perubahan tersebut muncul sebagai bentuk inovasi terbaru yang memudahkan langkah kerja manusia. Sebagai contoh ialah seni dekorasi tema alami menggunakan kayu. Kemudian, ide tersebut didukung dengan lem untuk laminasi kayu yang tepat.

Mengapa menggunakan jenis lem tersebut? Kebanyakan arsitektur rumah modern saat ini adalah dengan dinding dan lantai kayu. Proses pembuatannya tentu saja dengan menggunakan bahan perekat khusus laminasi. Jika tidak, maka dekorasi tersebut tidak akan selesai atau gagal total. Namun, satu hal yang harus dipahami bahwa ada banyak produk lem di pasaran. Tetap selektif dalam memilih produk terbaik karena tidak semua produk yang ditawarkan aman bagi kesehatan dan lingkungan.

Lem untuk Laminasi Kayu yang Tepat sebagai Rahasia Utama ialah Bebas Racun

CS BahanPerekat

Banyak kalangan yang menilai bahwa jenis lem untuk laminasi kayu yang tepat terbuat dari PVAc. PVAc atau polimer karet sintesis ini sangat berbeda dari formalin, timbal, merkuri dll. Bahan utama lem putih ini sangat rendah kandungan racun dan VOC contentnya. Sementara itu, formalin sendiri sudah terbukti memberikan dampak buruk bagi manusia.

Dampak buruk tersebut pernah dialami oleh korban badai Kathrina tahun 2005. Mereka menempati rumah kayu yang terbuat dari lem berbahan dasar formalin. Akibatnya, banyak pengungsi yang mengalami gangguan pernafasan dan sakit mata. Kejadian tersebut hanyalah dampak kecil yang muncul dalam jangka pendek. Dampak jangka panjangnya pasti lebih buruk daripada itu. Oleh karena itu, EPA ( Environmentally Protection Agency) dari segera melakukan pembatasan penggunakan formalin.

Jeli Memilih Produk Ramah Lingkungan dari Bahan PVAc

Meskipun produk lem PVAc sangat direkomendasikan, Anda harus tetap jeli dalam memilihnya. Bahan perekat berbahan polyvinyl acetate ini sangat banyak di pasaran. Salah satu produk lem untuk laminasi kayu yang bagus ialah Crossbond X 4. Produk ini diformulasikan untuk memenuhi kebutuhan interior dan eksterior. Fitur dan keunggulan lainnya:

  1. Solid content tinggi ± 50%
  2. Tahan solvent, cuaca, panas, air
  3. Tidak beracun dan rendah VOC content (Volatile Organic Compound)
  4. Efektif dan efisien
  5. Daya sebar luas (120-150 gr/ cm 2)
  6. Tidak berbau
  7. Cepat kering (presstime 60 menit)
  8. Daya rekat tinggi sesuai standard B3/D3
  9. Single component Adhesion
  10. Dapat diaplikasikan dengan glue spreader, kuas, dll
  11. Dapat diaplikasikan pada kayu, rotan, bambu, honeycomb paper, dll
  12. Mudah dibersihkan dan tidak membuat glue line

 

Crossbond X 4 merupakan lem untuk laminasi kayu yang tepat. Argumen tersebut tidak hanya didasarkan pada fitur dan keunggulan di atas. Tetapi, hal ini lebih disebabkan oleh proses pembuatan lem yang telah sesuai standard ECHA Reach dan EPA. Keduanya merupakan standard yang mengatur tentang penggunaan bahan kimia berbahaya dan kandungan racun atau VOC content. Badan yang mengeluarkannya berasal dari Eropa (ECHA) dan Amerika (EPA). Jadi, penilaian aman dan ramah lingkungan dari produk ini tidak perlu diragukan lagi.  Inilah rahasia dekorasi rumah atau bangunan lainnya yang sebenarnya.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here