meja garden hpl
meja garden hpl

Sebagai sambungan yang banyak diaplikasikan dalam industri woodworking, berikut ini tips penting dari merk lem kayu konstruksi Crossbond. Dengan tips ini, harapannya Anda bisa mengaplikasikan sambungan tersebut dengan lebih tepat dan cepat.

Apa itu Dowel?

Sambungan dowel atau dalam Bahasa Inggris sering disebut dowel joint merupakan sambungan yang memanfaatkan bahan berbentuk silinder kecil. Dowel sendiri merupakan nama silinder tersebut. Cara kerja sambungan ini dilakukan dengan memasukkan dowel ke dalam lubang pada dua kayu. Sehingga akan terbentuk kesatuan pada dua media tersebut.

Bagi beberapa orang, tipe sambungan ini dinilai bisa memberikan kekuatan yang sangat baik. Oleh karena itu, dowel joint banyak dipilih pada industri pengolahan kayu mulai dari furniture hingga konstruksi. Meskipun demikian, cara aplikasi dowel harus benar-benar dilakukan dengan tepat untuk bisa memberikan kekuatan terbaiknya tersebut. Berikut ini beberapa tips penting aplikasi dowel dari Crossbond.

Saran Aplikasi Dowel menurut Merk Lem Kayu Konstruksi Crossbond

Perhatikan Kecocokan Kayunya

CS BahanPerekat

Kayu memiliki karakter berbeda-beda. Ketika dua kayu disatukan, bisa jadi terjadi ketidakcocokan akibat sifat muai hingga pelengkungan yang berbeda. Bila hal ini tidak diperhatikan, ke depannya sambungan bisa rusak hingga patah.

Pastikan Jaraknya Cukup

Beri jarak pada bagian lubang paling pinggir. Hal ini untuk menghindari patahnya kayu akibat dowel yang terlalu dekat dengan batas kayu.

Pelan-pelan

Kerusakan pada dowel bisa disebabkan saat aplikasinya yang kurang berhati-hati. Oleh sebab itu, saat memasukkan dowel, lakukanlah dengan hati-hati.

Gunakan Lem Crossbond

Saran kami, gunakanlah lem berkualitas seperti Crossbond X3. Dengan lem yang memang didesain untuk kebutuhan konstruksi dan daya rekat yang kuat, Crossbond akan mendukung dengan baik sambungan dowel.

Oleskan Lem dengan Tepat

Bukan hanya kualitas lem yang penting. Proses aplikasinya pun sangat krusial. Oleh sebab itu, gunakanlah lem sesuai rekomendasinya. Misal terkait jumlah lem yang harus dioleskan. Jangan segan mengoleskan lem dalam jumlah yang cukup.

Demikian saran aplikasi dowel menurut merk lem kayu konstruksi Crossbond. Semoga bermanfaat.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here