wayang

Tak hanya dari kulit, wayang juga bisa dibuat dari bahan kayu. Bagaimana cara pembuatannya? Jelas butuh beberapa langkah tersistematis dengan peralatan memadai. Salah satu perlengkapan yang diperlukan untuk membuat wayang dari kayu adalah bahan perekat atau adhesive. Pada kesempatan ini, kita akan bersama-sama membahas seperti apa lem yang tepat untuk pembuatan wayang.

Mengenal Wayang yang Terbuat dari Kayu

Wayang merupakan salah satu produk budaya asli Indonesia. Secara umum, wayang bisa diartikan sebagai penggambaran suatu karakter dalam media kayu hingga kulit untuk dipakai dalam proses penceritaan. Tokoh-tokoh pewayangan tak akan pernah lepas dari sebuah cerita. Jadi, wayang bukan sekedar “boneka” atau benda-benda semacamnya yang dapat hadir tanpa konteks sebuah kisah.

CS BahanPerekat

Meskipun merupakan kerajinan kuno, sampai saat ini wayang masih terus dibuat. Industri pembuatan wayang bahkan telah berkembang lebih besar. Bukan hanya diperuntukkan untuk pentas, wayang juga banyak dibuat untuk souvenir atau oleh-oleh. Tak terkecuali wayang-wayang yang terbuat dari kayu.
Wayang yang terbuat dari bahan kayu bisa dibedakan menjadi beberapa jenis, misalnya:

1. Wayang untuk Cerita Panji. Wayang ini dibuat dari lembaran kayu tipis. Kayu yang dipakai beragam, namun jamak memakai kayu jati dan kayu kelas I lainnya.
2. Wayang golek. Wayang golek adalah wayang yang bahan dasar utama pembuatannya adalah kayu. Wayang ini dibentuk menyerupai tubuh manusia yang lebih realis. Wayang ini sering dijual dalam bentuk satuan atau pasangan.
3. Wayang China. Wayang China, sebagaimana namanya adalah wayang yang berasal dari China. Wayang ini biasanya memanfaatkn kayu klepu dalam pembuatannya dan sering dijual dalam satuan kodi.

Perlunya Bahan yang Bagus untuk Membuat Wayang

Lantas bagaimana cara membuat wayang yang baik dan benar? Kami akan mengulasnya pada artikel selanjutnya. Pada artikel ini, kami ingin menekankan perlunya alat dan bahan yang bagus dalam pembuatan wayang, terutama wayang kayu. Apa saja bahan-bahan tersebut? jawabannya adalah kayu dan lem yang dipakai.

Kayu yang Bagus untuk Membuat Wayang

wayang wayang

Pertama, untuk kayu, spesifikasi bahan yang ideal adalah sebagai berikut.

1. Secara umum, idealnya tidak begitu keras ataupun terlalu kuat. Kedua karakter tersebut bila ada pada kayu untuk wayang justru dapat menyulitkan proses pembuatan wayang.
2. Bertekstur halus
3. Tidak membutuhkan kayu yang dekoratif.
4. Warna bebas, tapi karena biasanya membutuhkan kayu yang tidak keras, maka digunakan kayu pada bagian yang lunak, dan seringkali area ini punya warna lebih muda.
5. Tidak mudah rusak ketika diberikan tambahan hiasan
6. Mudah dinish

Lem yang Bagus untuk Membuat Wayang

Sedangkan untuk lem yang merupakan penyambung komponen wayang, perlu diperhatikan:

1. Pengaruh lem terhadap kekuatan dan keawetan produk.
2. Pengaruh lem pada keindahan produk. Hindari lem yang bisa merusak warna produk atau menciptakan lapisan film tebal yang tidak menarik.
3. Pengaruh lem pada biaya produksi (harga dan hemat tidaknya lem saat digunakan).
4. Pengaruh lem pada kelancaran proses produksi.
5. Pengaruh lem pada keamanan produk.

Berdasarkan kelima kriteria yang disebutkan di atas, lem untuk pembuatan wayang berbahan dasar kayu yang kami rekomendasikan adalah Crossbond.

Berbahan dasar PVAc water based, lem ini unggul dalam hal:

1. Ketahanan atau resistensinya yang baik pada air, solvent, dan panas
2. Daya rekat yang kuat dengan inner cross linker modifier
3. Tak menyebabkan warna ataupun lapisan film tebal
4. Merupakan adhesive eco friendly yang sangat aman digunakan
5. Cara aplikasinya yang mudah
6. Harganya yang terjangkau dan aplikasinya yang hemat
7. Cepat kering

Lem Kayu Super Kuat Crossbond X3

Dengan lem seperti ini dan bahan kayu berkualitas, wayang-wayang yang dihasilkan pasti memiliki kualitas yang baik.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here