gitar kayu akustik bagus

Bagi Anda yang bergerak di usaha pembuatan alat-alat musik, peran lem kayu untuk alat-alat tersebut jelas bukan hal yang asing lagi diketahui. Nyatanya, lem untuk alat musik memang bisa mempengaruhi berbagai aspek instrumen mulai dari kekokohan hingga suaranya.

Mengapa demikian?

Fungsi lem secara umum memang “hanya” untuk merekatkan media. Tetapi hasil pengeleman berupa ketepatan dan kekokohannya akan berpengaruh pada aspek lain seperti kualitas suara yang dihasilkan. Estetika instrumen pun akan terdampak karena lem adalah salah satu bahan pendukung terwujudnya sebuah desain. Belum lagi efeknya pada warna alat musik. Berhati-hatilah. Sebab banyak lem yang dijual di pasaran menyebabkan penampakan garis lem. Efek ini terjadi ketika warna film lem terkombinasi dengan warna cat sehingga menyebabkan perbedaan warna dengan area lainnya.

Tips Memilih Lem untuk Alat Musik yang Berkualitas dan Baik

CS BahanPerekat

Disebabkan fungsinya yang krusial pada instrumen, penggunaan lem harus dipilih berdasarkan pertimbangan ketepatan dan kualitas. Berikut ini beberapa di antaranya:

Kesesuaian Lem dengan Jenis Perekatan

Ada berbagai macam alat musik dan ada berbagai macam tipe perekatan. Misalnya perekatan untuk menyambungkan komponen instrumen dan perekatan yang bersifat pelapisan. Keduanya berbeda sebab kebutuhan yang harus dipenuhi juga berbeda. Contoh, pada aspek viskositas (kekentalan), lem untuk pelapisan disyaratkan lebih encer dibanding untuk konstruksi.

Daya Rekat dan Ketahanan

Memilih lem dengan daya rekat yang baik sudah pasti harus menjadi pertimbangan utama. Tapi jangan lupa dengan daya tahan lem tersebut. Belilah lem yang tahan terhadap kelembaban, air, solvent, panas, dan berbagai faktor lainnya.

Efek pada Estetika

Hindari lem yang bisa menyebabkan glue line. Sebagaimana disebut di atas, salah satu efek lem pada estetika adalah resikonya menyebabkan garis lem tersebut.

Keamanan

Alat musik adalah salah satu benda yang penggunaannya sangat intens kontak dengan tubuh kita. Oleh karena itu, pilihlah lem untuk alat musik yang aman. Hindari penggunaan bahan mengandung logam berat dan zat-zat toksik lainnya.

Aplikasi Mudah dan Cepat

Apa gunanya membeli lem yang cara penggunaannya sangat sulit? Karena itulah aspek kemudahan beserta dengan kecepatan kering juga harus Anda perhatikan. Apalagi keduanya akan berdampak secara langsung pada lama dan biaya proses produksi.

Lem Kayu untuk Alat Musik yang Kami Sarankan

Berdasarkan beberapa kriteria di atas, lem untuk instrumen yang kami sarankan ialah Crossbond™. Crossbond™ terdiri dari dua varian yang dibedakan berdasarkan jenis perekatannya.

  1. Crossbond™ X3 untuk perekatan konstruksi
  2. Crossbond™ X4 untuk perekatan laminasi

Kedua varian lem Crossbond™ memiliki daya rekat yang kuat dan ketahanan yang baik pada berbagai faktor yang sifatnya merusak.

Alat musik ini juga mudah diaplikasikan dan tidak akan menyebabkan gangguan kesehatan. Anda bisa mengandalkannya untuk pembautan gitar, piano, kendang, ketipung, rebana, dan lain sebagainya.

Cara Menggunakan Crossbond™

  1. Siapkan media dengan cara meratakan permukaannya, membersihkannya, dan mengeringkannya.
  2. Oleskan Crossbond™ (untuk Crossbond™ X4 cukup dioleskan di salah satu sisi media saja.
  3. Rekatkan media. Tunggu hingga kering.

Harga lem kayu untuk alat musik Crossbond™ adalah Rp. 45.000,- dan Rp. 50.000,-. Dapatkan dengan cara pemesanan via kontak yang disediakan. Pembelian juga bisa dilakukan dengan mengunjungi kantor BioIndustries langsung.

Semoga bermanfaat.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here