Distributor Lem Yang Kuat Untuk Bambu Crossbond

Untuk mengenal lem epoksi atau epoxy adhesive, tentu pertama-tama kita perlu mengetahui dulu apa komponen penyusunnya. Epoksi adalah bahan yang dibuat dari polimerisasi campuran dua senyawa, resin dan hardener. Ketika resin dicampur dengan katalisator spesifik, curing akan terinisiasi. Pada proses inilah terjadi reaksi kimia yang menyebabkan adanya ikatan kovalen antara resin dan gugus amine dari hardener yang berupa katalisator. Hasilnya terbentuk bahan yang memiliki kekuatan dan kepadatan tertentu yang selanjutnya dikenal sebagai epoksi.

Memperhatikan proses curing dengan menjaga suhunya sangat penting untuk memastikan kualitas epoxy adhesive. Demikian juga pemilihan resin serta hardenernya. Aspek-aspek seperti kekuatan mekanis hingga ketahannya terhadap bahan kimia dipengaruhi oleh hal-hal tersebut. Karakter tertentu pun bisa dikuatkan dengan modifikasi pada proses pencampuran dan pemilihan bahan resin serta hardener. Contoh supaya lem memiliki ketahanan lebih baik terhadap panas, listrik, dan air.

Fungsi Lem Epoksi

Epoksi merupakan lem modern yang dibuat untuk mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi lem tradisional seperti lem kak. Adhesive ini juga telah dimanfaatkan untuk berbagai keperluan pengeleman dengan kondisi dan aplikasi beragam.

CS BahanPerekat

Secara umum, epoksi berguna sebagai lem struktural. Jenis lem ini selain berfungsi merekatkan media juga berfungsi mengisinya. Pada banyak kesempatan lem ini dapat diandalkan untuk perbaikan bagian-bagian media yang berlubang.

Satu Komponen dan Dua Komponen

Lem epoxy bisa dibedakan menjadi dua, yakni 1 k atau 1 komponen dan 2 k atau dua komponen.

1 K

Lem epoksi satu komponen atau 1 K umumnya memiliki perfoma yang baik untuk memenuhi kebutuhan pengeleman mental. Lem ini juga memiliki daya rekat baik dan tahan terhadap berbagai bahan kimia.

2 K

Lem epoksi dua komponen berbeda dengan 1 komponen di mana proses katalisasinya terjadi pada suhu lingkungan dan bisa ditingkatkan dengan kenaikan suhu. Jenis adhesive ini cocok untuk pengeleman yang membutuhkan resistensi terhadap tekanan beban yang besar.

Tidak untuk Semua Pengeleman

Lem epoxy tidak bisa digunakan untuk semua tipe perekatan. Pada dasarnya, tiap jenis perekatan memang memerlukan adhesive yang berbeda-beda. Contohnya untuk perekatan laminasi, Anda justru tak disarankan menggunakan lem epoksi melainkan lem resin alifatik seperti Crossbond™.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here