membuat sambungan kayu

Telah terdapat sangat banyak merk lem kayu di pasaran. Manakah di antara berbagai adhesive tersebut yang benar-benar bagus? Dari fox sampai Crossbond, berikut ini penjelasannya.


Bicara mengenai dunia pengeleman memanglah bukan hal yang mudah. Mengelem dalam kehidupan sehari-hari memang tampak seperti aktivitas yang sepele. Toh, yang perlu dilakukan sekedar mengoleskan lem lalu merekatkan medianya. Tapi dalam dunia profesional, perkara perekatan ini sering menjadi pusat perhatian. Hal ini pun tak pelak terjadi dalam industri pengolahan kayu. Mengelem kayu sudah pasti tak semudah mengelem kertas. Apalagi bila produk kayu tersebut nantinya difungsikan untuk menanggung beban berat. Dalam hal ini, perlu digunakan sudut pandang berbagai disiplin ilmu. Sintesis dari berbagai disiplin ilmu itu penting untuk mengetahui sifat lem, kekuatannya, hingga kecocokannya dengan kayu yang akan direkatkannya.

Memilih Merk Lem Kayu Paling Bagus di Tengah

Dengan kesadaran bahwa persoalan pengeleman bukanlah persoalan sepele, tentu penting bagi pelaku usaha untuk memilih lem yang tepat di antara berbagai adhesive di pasaran. Di lapangan sendiri, saat ini sudah tersedia banyak sekali lem dari berbagai brand atau merk. Ada lem PVAc seperti lem Fox, Eva Phaethon, Crossbond, hingga lem Presto. Berbagai lem tersebut tentu punya spesifitas masing-masing. Bagaimanakah menentukan lem paling tepat untuk kebutuhan kita? Tiga kriteria di bawah ini akan membantu Anda mendapatkan adhesive yang paling baik.

3 Kriteria Merk Lem Kayu Paling Bagus

Meningkatkan Kualitas Produk

CS BahanPerekat

Kriteria utama untuk menentukan lem yang baik tentu adalah kualitas lem tersebut. Gunakan adhesive yang kuat, tahan lama, dan tidak menyebabkan glue line. Dengan demikian, produk yang dihasilkan pun lebih kokoh, awet, dan punya tampilan lebih menarik.

Lem Mampu Menurunkan Biaya Produksi

Lem yang baik adalah lem yang hemat digunakan. Dengan kata lain, lem tersebut bisa membuat biaya produksi lebih rendah. Namun perlu dicatat, bahwa untuk menentukan hemat tidaknya lem, kita tak bisa sekedar menggunakan patokan dari harga saja. Aspek lainnya juga perlu diperhatikan seperti kualitas kekuatannya, cover area lem, berat kering adhesive, hingga daya sebarnya.

Lem Aman Digunakan

Selain persoalan kualitas serta harga, kita juga tak bisa abai pada masalah keamanan. Ingat, pilihlah lem yang aman digunakan dengan mengecek kandungan di dalamnya. Sebab, tingkat keamanan lem ini bisa berpengaruh pada produk yang direkatkan dengan adhesive tersebut. Apalagi bila Anda hendak mewujudkan produk eco friendly. Jelas, Anda pun harus menggunakan lem yang ramah lingkungan.

Merk Lem Kayu Paling Bagus Pilihan Kami

Berdasarkan 3 kriteria di atas, kita bisa menetapkan mana lem yang benar-benar baik dan mana lem yang kualitasnya tak begitu baik. Dari berbagai adhesive di lapangan, merk lem yang menurut kami memiliki 3 kriteria di atas adalah Crossbond. Lem ini kami sarankan untuk berbagai kebutuhan pengolahan akyu mulai dari pembuatan furniture hingga mainan.

rossbond juga didukung dengan berbagai keunggulan seperti:

  1. Sangat kuat dengan inner cross linker modifier
  2. Sangat tahan lama
  3. Tahan panas, solvent, serta air
  4. Mudah digunakan
  5. Tak menyebabkan glue line
  6. Tak menyebabkan bau menyengat
  7. Cover area luas
  8. Solid content tinggi sehingga lebih hemat digunakan

Terdapat dua varian Crossbond yang bisa Anda pilih, yakni Crossbond X3 dan Crossbond X4. Crossbond X3 bisa digunakan untuk perekatan rangka produk seperti pembuatan meja hingga kursi. Sedangkan Crossbond X4 bisa digunakan untuk perekatan laminasi misalnya pemasangan lantai kayu serta pembuatan kayu olahan.
Semoga bermanfaat.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here