Supplier Lem Kayu Untuk Finger Joint Crossbond

Jenis lem kayu akasia untuk proses pembuatan lantai ialah Crossbond X 4. Produk ini memang direkomedasikan untuk perekatan laminasi lantai, dinding, dll.

Sejak beberapa tahun terakhir, kegunaan kayu akasia mengalami peningkatan. Apalagi, setelah beberapa industry mebel menggunakannya sebagai pengganti kayu jati. Selain untuk kebutuhan furniture, kayu akasia juga dipilih untuk membuat lantai interior. Pada area dalam ruangan atau semi outdoor, penyusutan kayu akasia masih sangat rendah. Selain itu, tingkat kekerasan yang tinggi menjadikan lantai lebih kuat.

Kekerasan kayu akasia membuat bahan baku ini tidak cocok untuk jenis furniture ukir. Tingkat kekerasannya akan mebuat alat ukur mudah patah dan tumpul. Sehingga, teknik pengerjaan yang tepat untuk jenis kayu ini ialah dengan teknik laminasi. Jenis penyambungan non komponen ini berlaku untuk furniture dan lantai. Dengan demikian, pengolahan kayu ini akan membutuhkan lem yang kuat. Seperti apa kriteria lem kayu akasia yang akan digunakan?

Kriteria Lem Kayu Akasia yang Baik adalah lebih Kuat dari Kayunya

CS BahanPerekat

Lem kayu yang baik harus memiliki tingkat kekerasan yang lebih kuat dibandingkan dengan kayunya. Sehingga, bahan perekat tersebut akan bekerja dengan sempurna atau tidak mudah lepas. Jenis lem kayu akasia untuk laminasi lantai interior adalah Crossbond X 4. Produk perekat ini diformulasikan dari bahan inner cross linker PVAc modifier sesuai standard ECHA Reach Regulation.

Kegunaanya cocok untuk laminasi  kayu, bambu, rotan, plywood, dll. Produk ini juga sering digunakan untuk proses pembuatan pintu, furniture, dan paneling FJLB. Keunggulan utamanya ialah bahan ini tidak berbau dan bebas racun. Artinya, Crossbond X 4 ialah bahan perekat yang lebih ramah lingkungan. Selain itu, produk ini berdaya rekat kuat, cepat kering, daya sebar luas, solid content tinggi, dll.

Crossbond X 4 adalah Lem Kayu Laminasi yang mudah diaplikasikan

Aplikasi Crossbond x 4 sangat mudah dilakukan dengan berbagai alat. Mulai dari kuas, roll, hingga glue spreader. Di sisi lain, proses aplikasi lem kayu ini tidak membutuhkan waktu yang lama. Berikut proses laminasi kayu akasia dengan Crossbond x 4:

  1. Siapkan kayu akasia baik dan pastikan bersih dari debu, kotoran, air, minyak, dll.
  2. Olesi salah satu bagian atau permukaan kayu dengan lem Crossbond X 4
  3. Rekatkan bagian lainnya kemudian lakukan pengepresan selama 60 menit dengan mesin clamp press.

Namun, ada baiknya jika kayu akasia diberi treatment kayu terlebih dahulu. Langkah ini akan membuat lantai interior menjadi lebih tahan lama. Apalagi jika menggunakan BioCide Insecticide yang dapat mencegah rayap, thothor, kecoa, dll. Pengawetan juga dapat dilakukan dengan BioCide Wood Fungicide dan BioCide Surface Film Preservative. Kedua produk tersebut ampuh mencegah timbulnya jamur perusak jaringan dan tampilan kayu.

Selain itu, ada silica gel sebagai penyerap kelembaban dan White Agent (WA-250). White agent dapat digunakan untuk menyeragamkan warna kayu bila sudah terlanjur terserang jamur seperti blue stain. Jadi, lem kayu akasia Crossbond X 4 membuat lantai lebih kuat, aman, dan nyaman. Sementara itu, produk-produk pendukung lainnya membuat lantai kayu akasia interior lebih tahan lama.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here