meja decoupage

Weekend tanpa aktivitas berarti? Yuk, coba proyek kecil-kecilan yang bermanfaat ini! Berbekal napkin decoupage, lem Ultra Phaethon, dan peralatan sederhana lainnya, Anda pasti bisa mempercantik meja kursi di rumah!

Meja dan kursi pastinya adalah perabot yang paling mudah ditemui kemanapun kita pergi. Orang boleh tak punya buffet atau meja belajar, namun hampir pasti orang memiliki meja dan kursi. Meja digunakan sebagai tempat berbagai barang, sedangkan kursi dipakai untuk duduk. Keduanya memiliki fungsi dasar yang vital untuk aktivitas kita sehari-hari. Namun karena diletakkan di banyak tempat, kedua perabot ini mau tak mau juga pasti akan mempengaruhi keindahan ruangan di mana keduanya diletakkan.

Bayangkan saja misalnya, Anda memiliki ruangan yang didesain dengan desain bohemian. Karakter santai yang hangat ala bohemian style akan rusak ketika tiba-tiba Anda memilih perabot yang tidak tepat. Termasuk kursi atau mejanya. Maka dari itulah, salah satu usaha yang bisa kita lakukan untuk membuat ruangan menarik sesuai gaya yang kita inginkan adalah memastikan perabot yang jumlahnya banyak tersebut hadir dengan sesuai.

Yuk, Hias Meja Kursi Anda!

CS BahanPerekat

Memilih meja atau kursi yang tepat sesuai desain interior sebetulnya bukan perkara yang sulit. Toh, secara teknis, Anda tinggal pergi ke toko mebel terdekat atau ke toko mebel besar seperti IKEA. Di sana, Anda bisa membeli produk yang sesuai dengan desain ruangan Anda. Tak sulit bukan?

Meski demikian, sebetulnya melakukan pembelian bukan satu-satunya cara yang bisa kita lakukan. Daripada membeli, mengapa kita tidak menghias sendiri meja kursi tersebut?

Menghias sendiri?

Betul. Tak hanya bisa dilakukan dengan melakukan finishing ulang, penghiasan meja dan kursi bisa dilakukan dengan teknik decoupage! Decoupage adalah suatu teknik kerajinan yang dilakukan dengan menempelkan napkin dengan gambar menarik di atas permukaan media yang kemudian dilapisi dengan cat bening. Cara ini akan membuat media yang didecoupage hadir dengan gambar yang seperti sebuah lukisan nyata. Coba bayangkan kalau teknik ini Anda aplikasikan pada meja maupun kursi Anda. Pasti sangat menarik bukan? Caranya pun sebetulnya sangat mudah dan murah.

Yuk, simak cara aplikasi decoupage pada meja ataupun kursi Anda.

Alat dan Bahan

1. Lem untuk decoupage, Ultra Phaethon
2. Kuas untuk aplikasi lem
3. Gunting
4. Napkin decoupage ataupun kertas / kain bergambar bagus yang tak mudah rusak terkena cairan
5. Cat bening atau clear varnish (pernis) atau clear coat water based. Rekomendasi kami adalah BioVarnish Clear Coat dari Bio Industries.
Nah setelah kelima bahan di atas siap, segera ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah Aplikasi Decoupage pada Meja Kursi

1. Tentukan dulu napkin yang akan Anda gunakan. Pastikan sesuai dengan style yang diinginkan dan rencanakan di bagian mana napkin akan ditempel.
2. Bersihkan dan keringkan meja maupun kursi Anda.
3. Selagi menunggu meja dan kursi mengering, potong gambar pada napkin. Pastikan potongan Anda betul-betul rapi.
4. Siapkan Ultra Phaethon. Rekatkan napkin decoupage pada bagian meja atau kursi yang sudah ditentukan.
5. Tunggu lem mengering.
6. Setelah lem mengering, siapkan clear coat. Encerkan sesuai rekomendasi. Setelah itu, aplikasikan clear coat ke atas permukaan seluruh meja dan kursi.
7. Selesai

 

kursi decpupage

Nah, mudah bukan cara decoupage pada meja kursi? Hasilnya pun sangat menarik. Jadi, tunggu apalagi? Kalau weekend Anda sedang santai, lakukan saja aktivitas asyik nan bermanfaat ini.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here