Pengertian Lem Kak atau Animal Glue

Animal glue atau sering juga disebut hide glue dan kak adalah lem yang berasal dari kolagen. Kolagen merupakan zat organik yang banyak ditemukan di jaringan pengikat dan tulang. Jenis lem ini sudah digunakan sejak zaman dulu kala, setidaknya sejak zaman Mesir kuno. Pada masa tersebut, hide glue dimanfaatkan untuk merekatkan sambungan peti tempat mumi diletakkan.

Bagaimana Cara Menggunakannya?

Untuk menggunakan lem kak, perlu dicampurkan dengan air dengan perbandingan setidaknya 1 cangkir kak dengan 1 cangkir air. Sebenarnya jumlah air sebagai pengencernya sangat tergantung dengan kekentalan yang diharapkan.

Masukkan lem ke dalam air dan biarkan selama 30 menit. Selanjutnya panaskan dengan microwave atau gunakan glue pot. Jangan sembarangan memanaskannya seperti saat Anda memasak. Bisa-bisa, kolagen yang terkandung rusak sehingga animal glue justru tak bisa digunakan.

CS BahanPerekat

Supaya animal glue tetap berbentuk cairan di suhu ruangan, Anda bisa menggunakan beberapa takar urea (sekitar 3 hingga sendok) untuk tiap cangkir kak kering. Ingat, teknik ini hanya dimaksudkan untuk membuat lem animal menjadi cair, bukan dimaksudkan untuk penggunaannya yang lain.

Ketahanan

Lama usia animal glue tergantung dari beberapa faktor. Untuk lem kering yang disimpan dalam ruangan dingin dan tidak lembab, Anda bisa menyimpannya dalam waktu sangat lama. Beda lagi bila lem sudah dicampur dengan air. Kalaupun disimpan dalam kulkas, bahan tersebut hanya bisa bertahan selama beberapa minggu saja.
Sedangkan dalam bentuk cairan (yang ditambah dengan urea), lem bisa bertahan hingga beberapa bulan dan makin lama bila disimpan dalam kulkas.

Apakah Bisa Dilepas?

Ya. Sebagai lem yang terbuat dari bahan organik, lem kak dapat dilepas dengan cara tertentu. Misalnya dengan cara dipanaskan secara perlahan atau disiram dengan air panas. Dengan kata lain, lem ini bisa digunakan berulang kali bila belum rusak.

Menghapus Noda Lem

Cara menghilangkan noda bekas lem kak tidaklah sulit. Cukup gunakan sikat dan air panas. Tunggu beberapa saat, dan lem akan mudah dikelupas dengan jari.

Versus Lem Epoxy

Hide glue dapat dimanfaatkan untuk mengisi celah atau menambal struktur yang rusak. Namun dari segi performanya masih kalah dengan lem epoksi.

Kekurangan

Ada beberapa kekurangan lem kak. Pertama karena adhesive ini adalah adhesive tradisional, usia pakainya memang lebih pendek dari lem lain. Selain itu, sifat lem yang mudah rusak bila terkena panas membuatnya kurang baik untuk kebutuhan pengeleman tertentu. Lem ini juga memiliki bau menyengat dan tidak begitu praktis digunakan dibanding lem modern seperti PVAc.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here