Lem Yang Kuat Untuk Bambu

Ingin membuat gazebo? Yuk ikuti tips-tips di bawah ini dulu!

Apa itu Gazebo?

Gazebo adalah salah satu bangunan semi permanen yang biasanya terbuat dari kayu dan diletakkan di sebuah taman. Bangunan ini dibedakan dengan pergola berdasarkan bentuk dan strukturnya yang biasanya lebih rumit dan tidak terkait dengan bangunan utama seperti rumah.

Fungsi bangunan ini bervariasi. Gazebo bisa saja digunakan untuk sekedar bersantai, mengerjakan tugas sekolah, hingga untuk menyimpan alat-alat taman seperti penyiram air. Pada dasarnya bangunan ini menyediakan fasilitas yang fleksibel untuk dimanfaatkan sesuai kebutuhan kita.

CS BahanPerekat

Tertarik untuk menghadirkannya di rumah? Silahkan ikuti beberapa tips dan ide di bawah ini.

Ide Membuat Gazebo Murah namun Tetap Berkualitas

Gunakan Kayu dan Material Tak Terpakai

Saat merenovasi rumah, jangan lantas membuang material-material seperti kayu dan gentengnya. Anda dapat memanfaatkan material bekas tersebut untuk membangun gazebo. Jadi, biaya pembuatan produk ini tidak banyak terbuang untuk bahan dasarnya saja.

Mewaspadai Kelembaban dari Tanah

Salah satu faktor yang bisa merusak gazebo dengan cepat adalah adanya kelembaban dari dalam tanah yang tinggi saat malam hari. Uap air dari tanah ini secara perlahan akan membuat gazebo rapuh sehingga tidak kokoh. Potensi serangan jamur pun makin tinggi. Suara bangunan yang berdecit dan bentuknya yang deyot adalah contoh kerusakan akibat faktor ini. Sebagai antisipasi, jangan langsung menempelkan alas gazebo pada tanah atau gunakan saja alas dari bebatuan untuk menekan laju uap air tanah tersebut.

Percantik dengan Bunga Taman

Estetika tentu harus diperhatikan. Namun untuk memiliki gazebo cantik, Anda tak perlu selalu harus mengeluarkan biaya mahal. Perbanyak saja tanaman hias yang sudah Anda punya. Beli pot baru dan tanam tanaman hias Anda di pot tersebut. Selanjutnya atur di sekitar gazebo. Warna-warni bunga yang rupawan pasti membuat gazebo Anda kian mempesona.

Lem yang Kuat dan Cat yang Tahan Lama

Supaya biaya pembuatan gazebo tak membengkak, kita bisa menggunakan material bekas sebagaimana disebut pada poin 1. Namun penggunaan bahan bekas tentu beresiko membuat gazebo kurang awet. Karena itulah, bahan pendukungnya harus benar-benar diutamakan yang berkualitas. Pemilihan cat dan lem adalah contohnya.

Pastikan Anda menggunakan cat serta lem yang memang didesain untuk outdoor. Misalnya untuk lemnya, gunakan lem kayu Crossbond™ X4. Lem resin alifatik tersebut memiliki performa sangat baik dan dapat Anda manfaatkan untuk perekatan laminasi pada gazebo.

Semoga bermanfaat.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here