furniture kantor

Mebel atau furniture bukan hanya bisa dibedakan berdasarkan bentuk dan fungsi per satuannya saja. Selain bisa dibedakan menjadi kursi, meja, tempat tidur, atau bangku, mebel juga bisa diklasifikasi berdasarkan aspek lainnya. Apa sajakah itu?

Aneka Macam Mebel Berdasarkan Lokasi Penggunaanya

Furniture Kantor atau Office Furniture

Office furniture adalah semua furniture yang didesain untuk kepentingan kantor. Efektivitas dan efisiensi nampak jelas pada kebanyakan desain mebel kantor. Selain itu, tak jarang juga mebel-mebel ini menggunakan bahan kayu olahan yang kemudian dilapisi dengan HPL atau veneer sehingga harganya lebih murah. Contoh office furniture adalah meja, kursi, rak, almari, hingga desk.

Household Furniture atau Furniture Rumah Tangga

Mebel rumah tangga merupakan kelompok furniture yang ditujukan untuk kebutuhan personal atau pribadi. Oleh sebab itulah, desain mebel rumah tangga sangat beragam. Ada yang bergaya modern minimalis, klasik eropa, etnik tradisional Indonesia, dan lain sebagainya. Macam-macam mebel rumah tangga mulai dari kursi, meja, sofa, tempat tidur, hingga buffet.

Furniture Taman atau Garden Furniture

CS BahanPerekat

garden furniture

Mebel taman sebagaimana namanya adalah mebel yang ditujukan untuk diletakkan di taman atau kebun. Mebel seperti ini harus dibuat secara khusus supaya memiliki ketahanan pada paparan faktor eksterior. Dari segi bentuk, seringkali jenis furniture ini memiliki ukuran lebih besar. Sedangkan contohnya antara lain bangku, meja, dan kursi santai.

Aneka Macam Furniture Berdasarkan Pembuatannya

Bila dilihat dari pembuatannya, setidaknya terdapat dua jenis mebel. Yang pertama adalah mebel baru, sedangkan yang kedua adalah mebel lama. Mebel lama bisa dibagi menjadi mebel antik dan mebel reproduksi.

Bila pada mebel baru, kesemua komponen berasal dari bahan baru, pada mebel lama, sebagian atau seluruh komponennya adalah bahan lama. Mebel antik adalah mebel yang kesemua bagiannya lawas, sedangkan mebel reproduksi adalah mebel yang sebagian komponennya lawas.

Tapi ingat! Kita tak bisa membedakan mebel baru atau lama hanya dari tampilannya saja. Ada kalanya, pengrajin membuat furniture baru dengan teknik finishing yang memperlihatkan kesan tua.

piano antik

Mengapa Mengetahui Jenis Furniture Sangat Penting?

Setelah mempelajari berbagai jenis furniture di atas, sangat wajar apabila Anda mengajukan pertanyaan, “apa sebenarnya keuntungan dari mempelajari berbagai mebel tersebut?” Bagi pekerja profesional di industri mebel, pemahaman akan aneka macam mebel memang krusial. Tapi bagaimana dengan masyarakat awam?

Sekarang bayangkanlah Anda hendak membeli mebel untuk taman. Anda pergi ke toko mebel dan mencari produk yang sesuai selera Anda. Misalnya Anda memilih kursi dan meja yang menurut Anda menarik dan cocok untuk kebun di rumah. Sekilas tak ada yang salah, tapi bagaimana dengan keawetan produk tersebut? Apakah set kursi dan meja itu memang didesain untuk kebutuhan taman? Pihak penjual kadang akan menjelaskan pada Anda. Tapi tak jarang juga yang tak mempedulikan kebutuhan spesifik Anda dan hanya berminat menjual dagangan mereka. Pada kasus seperti inilah, penting bagi konsumen untuk setidaknya mengetahui produk yang akan dibelinya.

Dengan memahami bahwa terdapat beragam jenis furniture, kita bisa lebih cermat saat hendak membeli kebutuhan yang cocok. Kita bisa bertanya langsung jenis furniture yang dijual, ketahanan kayu yang dipakai, hingga keawetan cat yang diaplikasikan. Dengan demikian, kita dapat membeli produk yang tepat sekaligus menghindarkan diri dari kerugian akibat salah membeli.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here