lantai ulin

Ironwood atau kayu besi adalah kayu yang memiliki karakteristik sangat keras dan kuat. Di Indonesia, salah satu kayu besi yang terkenal adalah Borneo Ironwood atau biasa disebut sebagai kayu ulin. Tak heran kayu seperti ini banyak dipakai untuk pembuatan lantai.


Mengenal Tanaman Ulin

Ulin adalah slah satu pohon terkenal dari Kalimantan. Pohon dengan nama latin Eusideroxylon zwageri ini tergolong tamaman dari suku Lauraceae. Pohon ulin bisa tumbuh tinggi hingga 30-35 m dengan diameter 60-120 cm. Pohonnya jarang memiliki cabang, dan bau kayunya begitu khas.

Sampai sekarang, telah dikenal beberapa varietas ulin, antara lain:

CS BahanPerekat

a. ulin tando (warna batang coklat kemerahan)
b. ulin lilin (batang coklat gelap)
c. ulin tembaga (batang kekuningan)
d.ulin kapur (batang coklat muda)

Di Kalimantan, kayu yang juga biasa disebut sebagai kayu bulian ini telah lama dipakai untuk membuat rumah tradisional. Sebab kayu ini memiliki ketahanan pada area rawa-rawa yang banyak terdapat di Borneo. Klasifikasi tanaman ulin sendiri adalah sebagai berikut.

1. Kingdom : Plantae
2. Divisi : Spermatophytha
3. Sub divisi : Angiospsermae
4. Kelas : Monocotyl
5. Ordo: Ranales
6. Family : Lauraceae
7. Genus : Eusideroxylon
8. Species : Eusideroxylon zwageri

Karakter Kayu Ulin

Sebagai kayu besi, berikut ini beberapa karakter dari kayu ulin.

1. Bagian terluar berwarna kuning atau kelabu muda
2. Batang yang lurus dengan banir tumbuh tak melingkar
3. Ketika sudah dipotong, ulin akan menghitam sehabis direndam
4. Bau sangat khas
5. Tekstur yang kasar dan keras sehingga sulit dipotong ataupun dipaku
6. Tak banyak mata kayu sehingga kayu cenderung mulus
7. Sangat kuat
8. Sangat resisten terhadap hama baik serangga atau jamur

lantai ulin (4)

Keunggulan Lantai Kayu Ulin

Sebagai kayu dengan kualitas yang sangat tinggi, kayu ini menjadi salah satu pilihan untuk pembuatan lantai. Apalagi dari kelas kuatnya, kayu ini adalah kayu kelas 1, dan dari ketahanannya pun merupakan kayu kelas 1. Kekerasannya? Tak diragukan lagi.

Selain itu, kayu ini juga memiliki estetika atau keindahan sangat menarik. Tak hanya tahan terhadap rayap, kayu ini juga tahan pada kumbang penggerek lantai, tak mudah diserang jamur, dan resisten pada air laut.

Dari segi harga, kayu ini memang mahal. Akan tetapi harganya tersebut selaras dengan kualitas yang diberikan. Keawetannya pun akan mempermudah Anda dan secara umum akan menghemat biaya perbaikan dan perawatan yang tak perlu dikeluarkan.

Gunakan Lem Crossbond X4 untuk Memasang Lantai Kayu Ulin

Meski pemakaian kayu yang bagus seperti ulin begitu krusial, namun kualitas lantai secara umum ditentukan banyak faktor. Salah satu yang tak bisa diabaikan adalah faktor lemnya. Sebagai zat perekat antar komponen lantai, lem yang dipakai harus tepat dan cocok dengan kondisi di mana lantai itu diterapkan.

Bahanperekat.com merekomendasikan pemakaian lem Crossbond X4 untuk aplikasi pemasangan ulin, baik untuk parquet ataupun untuk lantai dek. Lantai ini memiliki kualitas daya rekat yang baik, sangat tahan lama, tidak rusak karena air, tahan solvent, tahan panas, cepat kering, dan mudah digunakan.
Lem ini dapat dipakai pada kondisi ekstrim heavy duty seperti untuk deck pool kolam renang ataupun dipakai di area kebun yang lembab. Harga produk ini juga sangat terjangkau sehingga akan menurunkan biaya pemasangan lantai kayu ulin secara keseluruhan.

Menarik bukan?

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here