hiasan gantung botol plastik

Kata siapa botol plastik bekas tak ada manfaatnya? Dengan beberapa langkah mudah, Anda bisa menghasilkan kerajinan botol plastik gantung yang siap menghias sudut ruangan. Selain mudah dilakukan, alat dan bahan yang dibutuhkan juga sangat sederhana.

Limbah plastik telah menjadi isu sejak lama. Berbagai upaya sudah dilakukan, tapi sampai saat ini material tersebut masih menjadi momok tersendiri. Apalagi bahan pengganti plastik juga belum ditemukan.

Lantas apa yang bisa kita lakukan? Sebenarnya dengan langkah sederhana, kita dapat berkontribusi positif untuk menangani persoalan tersebut. Misalnya saja dengan turut melakukan daur ulang botol plastik yang jumlahnya sangat banyak. Eits, jangan salah. Meski barang bekas, akan tetapi botol-botol tersebut bisa diubah menjadi sangat menarik. Bukan hanya untuk kebutuhan sendiri, Anda pun bisa menjadikannya sebagai barang dengan nilai jual tinggi.

CS BahanPerekat

Penasaran ingin membuatnya? Simak saja langkah-langkah sederhana membuat hiasan gantung dari botol plastik bekas di bawah ini.

Peralatan dan Bahan yang Dibutuhkan

1. Bagian atas botol
2. Benang wol warna-warni
3. Benang kenur
4. Bor
5. Lonceng kecil
6. Berbagai pernak-pernik hiasan. Misalnya saja bola-bola mutiara yang cantik atau pita dan renda
7. Kuas kecil untuk mengoleskan lem
8. Lem Eva Phaethon (hindari menggunakan lem kertas biasa yang dijual di pasaran, karena kekuatannya cenderung kurang).
9. Penggaris
10. Cutter dan gunting
11. Spidol

Langkah Mudah Membuat Kerajinan dari Botol Plastik

Setelah Anda menyiapkan semua alat dan bahan di atas, ikuti langkah-langkah DIY membuat kerajinan botol plastik di bawah ini.

1. Siapkan botol bekas yang sudah tak terpakai. Usahakan menggunakan botol berukuran besar. Namun bila tak ada pun, tak mengapa menggunakan botol yang ukurannya lebih kecil.
2. Potong seperempat bagian atas botol. Gunakan penggaris, lalu tandai dengan spidol.
3. Ambil bagian atas botol.
4. Supaya potongan lebih rapi, lakukan pemotongan yang lebih detil menggunakan cutter atau gunting.
5. Buat lubang pada tutup botol. Anda bisa menggunakan bor yang berukuran kecil.
6. Siapkan benang wol yang akan Anda pakai.
7. Mulai dari atas, lilitkan benang wol dengan cermat hingga menutupi seluruh permukaan potongan botol.
8. Supaya lilitan benar-benar merekat kuat, oleskan keseluruhan benang wol dengan Eva Phaethon. Eva Phaethon akan meresap ke benang wol dan mengikat wol dengan permukaan botol plastik.
9. Biarkan supaya lem mengering.
10. Sementara itu, pasang lonceng kecil atau hiasan seperti gantungan kunci menarik di ujung benang kenur. Bila perlu tambahkan hiasan lain seperti bola-bola mutiara.
11. Siapkan pernak-pernik tambahan menarik. Tempelkan tersebar di keseluruhan permukaan hiasan botol plastik. Sekali lagi, gunakan Eva Phaethon.
12. Masukkan ujung benang kenur yang tak diikat lonceng ke lubang di tutup botol yang sudah dibuat.
13. Selesai!

membuat hiasan gantung botol plastik membuat hiasan gantung botol plastik 2 membuat hiasan gantung botol plastik 3 membuat hiasan gantung botol plastik 4

Kini Anda sudah memiliki hiasan gantung cantik yang terbuat dari botol plastik. Supaya lebih menarik, buat beberapa hiasan gantung serupa. Setelah itu, gantungkan secara berkelompok di salah satu spot ruangan. Pasti hasilnya akan menawan.

Tertarik menjualnya? Mengapa tidak? Siapa tahu di sinilah peruntungan Anda. Tapi ingat, supaya produk yang dihasilkan betul-betul berkualitas, pastikan Anda menggunakan peralatan yang juga berkualitas. Gunakan wol hingga lem Phaethon yang memang direkomendasikan untuk kebutuhan ini.

Semoga bermanfaat.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here