SONY DSC

Sudah menjadi tanggung jawab orangtua untuk memberikan benda-benda yang aman bagi anak mereka. Industri mainan anak pun harus peka terhadap isu ini dengan menyediakan produk yang aman dan ramah lingkungan. Beragam upaya dapat dilakukan, salah satunya menggunakan lem aman untuk mainan anak.

Anak dan Dunianya

Anak memiliki dunia tersendiri. Imajinasi menjadi aspek penting dalam dunia yang dibangun si kecil. Karena itu, membelajarkan anak atau menyenangkannya pun harus dilakukan dengan cara berbeda dari apa yang biasa dilakukan pada orang dewasa.

Menggunakan media berupa mainan merupakan pilihan terbaik agar si kecil belajar sekaligus senang. Tentu kelihaian orangtua dalam memilih mainan yang bisa membelajarkan menjadi kunci utama. Prinsipnya, pilihlah mainan yang sesuai perkembangan mental dan fisik si kecil dan bisa membuatnya menguasai informasi atau keterampilan baru. Misalnya memberikan mainan miniature hewan yang lucu namun juga edukatif.

Mainan Anak yang Menjadi Petaka

CS BahanPerekat

Niat mulia orangtua memberikan mainan yang bisa membelajarkan anak tentu patut diapresiasi. Sayangnya, niat ini seringkali dirusak oleh produk-produk mainan yang membahayakan kesehatan buah hati. Kontroversi plastik mengandung Bhis phenol A beberapa tahun belakangan sempat mengguncang industri mainan plastik. BPA yang memang dapat menyebabkan gangguan reproduksi tersebut rupanya sering dipakai pada berbagai plastik tak terkecuali plastik untuk mainan anak. Bayangkanlah anak Anda memainkan produk yang bisa merusak organ dalamnya! Sangat mengerikan bukan? Apalagi bila mainan tersebut sampai dimasukkan ke mulut si kecil.

Meskipun realitanya menyedihkan, namun kontroversi tersebut justru meningkatkan kesadaran di masyarakat. Tuntutan ini mau tak mau juga mendorong industri mainan anak untuk menyediakan produk yang aman. Penggunaan kayu sebagai bahan baku mainan pun mulai berkembang pesat dan direspon sangat positif oleh masyarakat.

Isu Penting untuk Industri Mainan Anak

Meskipun kayu tidak mengandung BPA, tapi hendaknya industri mainan kayu belajar dari kasus yang menimpa industri mainan plastik. Standar keamanan harus ditingkatkan untuk menghasilkan produk yang benar-benar tak berbahaya. Pada wooden toys, bahan-bahan yang harus diperhatikan adalah zat kimia yang diterapkan pada kayu. Salah satu bahan tersebut ialah lem.

Jangan salah. Tanpa penggunaan lem aman untuk mainan anak, maka produk yang dihasilkan tak bisa dikatakan aman. Apalagi pada kenyataannya, banyak adhesive di pasaran yang mengandung zat-zat berbahaya seperti solvent. Ancaman yang dihadirkan akibat penggunaan zat-zat tersebut sama buruknya dengan ancaman akibat BPA.

Pentingnya Lem Aman untuk Mainan Anak hingga Standar Food Grade

Seberapa aman lem yang hendaknya dipilih manufaktur wooden toys? Idealnya, standar food grade menjadi level yang harus dicapai. Sebab meski mainan bukan alat makan, namun benda ini sering bersentuhan dengan si kecil bahkan termasuk kontak mulut.

Tak perlu khawatir sulit menemukan lem dengan standar food grade. Meskipun masih sangat sedikit, adhesive yang aman untuk si kecil sudah ada di pasaran. Crossbond menjadi produk adhesive tersebut dengan kualitas keamanan paling baik dibanding yang lainnya.

Berbahan dasar PVAc, lem ini diformulasikan sesuai standar food grade dari FDA Amerika Serikat. Lem aman untuk mainan anak ini juga bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau mulai dari Rp. 45.000,- saja.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here