sambungan kayu

Jangan salah! Memilih lem yang tepat bisa jadi perkara sangat sulit bagi pelaku usaha furniture hingga konstruksi bangunan. Oleh sebab itulah, secara khusus bahanperekat.com ingin berbagai mengenai apa saja panduan dan tips memilih lem konstruksi yang baik. Sebagaimana yang kita tahu, lem konstruksi adalah lem yang diperuntukkan untuk rangka produk. Bila lem seperti ini kualitasnya kurang baik, kualitas produk pun akan menjadi kurang baik.

Panduan Penting dan Tips Memilih Lem Konstruksi yang Baik

Pastikan Anda Memang Membeli Lem Kayu Konstruksi

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah tipe adhesive terkait. Pilihlah lem yang sejak awal diformulasikan untuk kebutuhan konstruksi. Sebab dengan demikian, kebutuhan kita akan lebih mudah dipenuhi dengan optimal. Jangan salah. Ada banyak lem di pasaran yang bagus namun bukanlah lem konstruksi. Misalnya saja lem dari bahan-bahan tertentu yang bagus untuk gap filling tapi ternyata sangat buruk untuk perekatan konstruksi.

CS BahanPerekat

Bila Anda merasa masih sangat awam, jangan sungkan untuk bertanya pada CS adhesive bersangkutan. Apalagi sampai saat ini feature yang ditawarkan tiap perusahaan memang bisa sangat bervariasi. Ada kalanya, satu jenis lem yang sama ternyata diperuntukkan untuk kebutuhan berbeda.

pembuatan mebel

Pilih Lem yang Ikatannya Stabil

Lem yang kuat saja tidaklah cukup. Anda juga perlu memastikan bahwa lem yang dipilih adalah lem dengan ketahanan yang baik. Usahakan adhesive memiliki resistensi atau ketahanan yang bagus pada air, solvent, dan kelembaban.

Pastikan Lem Aman Digunakan

Meski tak seketat di negara maju, bukan berarti kita lantas tak berpikiran maju. Misal, terkait pemakaian lem yang aman. Toh makin hari, tuntutan produk eco friendly makin menguat, baik dari pemerintah maupun dari permintaan pasar sendiri.

 

Pilih Lem yang Mudah Digunakan

Pastikan untuk hanya menggunakan lem yang mudah digunakan sesuai peralatan woodworking yang Anda miliki. Lagipula, sebaik apapun adhesive, kalau cara penggunaannya sulit, pada akhirnya tak bisa digunakan bukan?

mudah digunakan

Hindari Lem yang Murahan

Lem murah sangat menguntungkan. Namun hindari membeli lem yang “murahan”. Lem-lem seperti ini bukannya membuat ongkos produksi lebih rendah tapi justru bisa menyebabkan kerugian besar akibat kualitasnya yang buruk tersebut. Misalnya, lem menyebabkan kegagalan pengeleman sehingga produk menjadi cacat atau bahkan harus diulang-ulang.

Berdasarkan kelima poin tips memilih lem konstruksi di atas, kita bisa mendapatkan lem ideal untuk pembuatan rangka aneka produk. Kita bisa menciptakan kursi-kursi yang kuat, meja yang kokoh, hingga lemari yang awet. Tapi persoalannya, di antara berbagai lem di pasaran, manakah yang memiliki kriteria di atas?

Di antara berbagai lem lainnya, lem yang kami unggulkan untuk perekatan konstruksi adalah Crossbond X3. Crossbond X3 merupakan PVAc water based atau lem polyvinyl acetate dengan pelarut air. Adhesive ini sangat aman, kuat, tahan lama, dan memiliki feature-feature unggulan lem lainnya. Di pasaran, kualitas Crossbond X3 terlihat sangat menonjol dibanding adhesive lainnya yang serupa.

Lem Kayu Super Kuat Crossbond X3
Lem Kayu Super Kuat Crossbond X3

 

Selain kualitasnya sangat baik, adhesive ini juga sangat murah. Jangan salah. Harga Crossbond X3 yang murah bukanlah karena kualitasnya yang buruk. Lem ini bisa dibeli dengan terjangkau Rp. 45.000,- karena dibuat dengan teknologi modern efisien yang mampu membuat produksinya lebih efisien. Sangat menarik bukan?

Nah, demikianlah beberapa tips penting memilih lem konstruksi dan saran lem terbaik untuk kebutuhan tersebut. Semoga bermanfaat ya!

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here