kusen pintu membusuk

Kusen jendala dan pintu keropos? Selain membuat pintu jadi kelihatan buruk, fungsi pintu pun terganggu. Tapi sebaiknya kita jangan panik dulu. Ternyata dengan cara yang sangat mudah, kita bisa memperbaiki bagian tersebut. Biaya yang harus dikeluarkan pun sangat murah. Prosesnya juga tak memakan waktu lama. Seperti apakah caranya? Yuk simak langsung penjelasannya di bawah ini.

Alat dan Bahan

1. Kayu untuk mengganti area yang keropos
2. Grinder
3. Amplas atau sand paper
4. Wood filler atau dempul kayu
5. Lem Crossbond
6. Paku serta pukul
7. Kuas
8. Gergaji atau pemotong lainnya
9. Alat ukur
10. Alat tulis
11. Obat jamur atau obat serangga

Cara Memperbaiki Kusen Keropos atau Busuk

Identifikasi Penyebab Kekeroposan

Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah memeriksa penyebab kerusakan kusen jendela atau pintu di rumah Anda. Apa sajakah penyebabnya? Beragam. Coba periksa apakah keropos gara-gara:

CS BahanPerekat

1. Jamur
2. Rayap
3. Terkena air terus menerus
4. Kombinasi dua atau lebih faktor di atas

Nah, khusus bagi Anda yang kusennya terserang jamur dan rayap, sebaiknya basmi dulu kedua organisme tersebut dengan obat hama. Pilih obat hama untuk produk kayu rumahan. Dengan demikian, perbaikan yang Anda lakukan nantinya tidak sia-sia akibat rusak kembali diserang hama-hama itu. Setelah masalah ini dibereskan, barulah beranjak ke beberapa cara memperbaiki kusen di bawah ini.

Perbaikan dengan Kayu Saja

Bila area yang keropos cukup besar dan bisa ditambal dengan mudah menggunakan kayu pengganti, lakukanlah:

1. Potong area keropos pada kusen. Buatlah agar pemotongannya simitris. Tak mengapa bila sampai memotong sedikit area yang tidak keropos.
2. Haluskan area yang dipotong dengan amplas.
3. Siapkan kayu pengganti.
4. Potong kayu pengganti sesuai bentuk dan ukuran area keropos kayu.
5. Rekatkan kayu pengganti pada tempatnya menggunakan Crossbond.
6. Tunggu lem sampai kering.
7. Selesai!

cara menambal kusen kayu

Perbaikan dengan Kayu dan Filler

Bila lubangnya juga perlu ditambal dengan dempul, aplikasikanlah:

1. Potong area keropos pada kusen. Buatlah agar pemotongannya simitris. Tak mengapa bila sampai memotong sedikit area yang tidak keropos.
2. Ambil kayu seadanya lalu tempelkan dengan Crossbond. Tak mengapa bila masih ada area yang belum bisa ditambal dengan kayu.
3. Gunakan dempul untuk menutup sisa area yang belum tertutupi.
4. Tunggu supaya wood filler kering.
5. Amplas lalu haluskan.

Menggunakan Filler

memperbaiki kusen keropos

Pada kasus tertentu, kita tak bisa memakai kayu sama sekali. Misal bila area yang keropos membentuk lubang yang sempit. Bila demikian adanya, sebaiknya Anda menggunakan putty atau wood filler saja. Pilih filler yang warnanya sesuai cat yang diaplikasikan. Gunakan filler gelap untuk cat gelap dan filler terang untuk cat yang cerah.

Aplikasikan Finishing!

Supaya hasilnya makin baik, jangan lupa untuk mengaplikasikan finishing. Tanpa aplikasi finishing, jelas area bekas perbaikan akan terlihat sangat buruk. Untuk melakukan proses finishing sendiri, caranya cukup sederhana. Toh Anda hanya perlu mengkuaskan atau menyemprotkan cat yang tepat pada area perbaikan tersebut. Pilih cat yang jenisnya sesuai cat lama Anda. Bila cat lama di kusen adalah water based, pakai cat baru water based. Demikian juga bila cat lama Anda solvent based, pakailah cat baru solvent based.

Semoga bermanfaat ya!

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here