Bila pada artikel sebelumnya kami menyajikan cara membuat hiasan daun kering untuk lukisan, kali ini, kami akan membahas cara membuat kerajinan dari daun kering anyaman daun pandan. Teknik yang digunakan berbeda dari cara sebelumnya sebab tujuan pengolahannya juga berbeda. Anyaman pandan sendiri nantinya bisa kita olah untuk membuat beragam produk lagi seperti dompet, tas, hingga ikat pinggang.

Penasaran bagaimana langkah-langkahnya? Yuk, segera simak panduannya di bawah ini.

Langkah-langkah Cara Membuat Kerajinan dari Daun Kering Anyaman Pandan

CS BahanPerekat

1. Pilih dulu daun pandan yang akan diolah lebih lanjut. Pilih daun yang kondisinya bagus, cukup tua, belum gugur dan kering, serta tidak berjamur.

2. Cuci bersih daun pandan. Hilangkan dari kotoran maupun hama-hama yang menempel.

3. Rebus daun pandan yang sudah dibersihkan.

4. Setelah direbus, keringkan daun di tempat yang sejuk selama kurang lebih 6 jam. Hindarkan daun dari matahari langsung.

5. Lakukan lagi perendaman setelah daun dikeringkan. Perendaman dilakukan dalam air biasa saja.

6. Keringkan lagi daun yang sudah direndam. Kali ini, pengeringan bisa dilakukan dengan memanfaatkan panas matahari. Pengeringan dilakukan hingga daun nampak berwarna keputihan.

7. Setelah langkah 6, daun pandan telah selesai dikeringkan. Proses berikutnya bisa dilakukan dengan tujuan untuk mewarnai material tersebut.

Pembuatan Anyaman

Teknik menganyam daun pandan tak begitu berbeda dengan teknik penganyaman yang lain. Ada beberapa tipe anyaman mulai dari yang biasa sampai yang tergolong rumit. Mana yang harus dipilih? Sesuaikan saja dengan estetika yang Anda inginkan.

Dikombinasikan dengan Bahan lain

Setelah dibuat dalam bentuk anyaman, daun pandan bisa dikombinasikan dengan bahan lainnya untuk menghasilkan dompet hingga tas. Misalnya saja dikombinasikan dengan kain sifon untuk membuat tas. Hasil tas pandan ini bisa dijual untuk mendapatkan profit. Prospek tas seperti inipun dinilai bagus karena merupakan alternative dari kebanyakan tas kain buatan pabrik.

Demikian cara membuat kerajinan dari daun kering anyaman pandan. Semoga bermanfaat ya.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here