meja makan jepang (2)

Ingin membuat meja makan lesehan? Bagi Anda yang ingin membuka warung lesehan sendiri, atau yang ingin menjual produk-produk meja tersebut, simak langkah-langkahnya di bawah ini. Kami akan bagikan panduan pembuatan meja lesehan yang murah meriah dengan Crossbond X3!

Alat dan Bahan

Pembuatan Meja

1. Papan kayu, ukuran sesuai luas mejanya. Misalnya, 120 cm x 90 cm, dengan ketebalan 2,5 hingga 3 cm. Papan bisa dibuat dari palet atau potongan kayu. Untuk meja dengan top table ukuran 120 x 90 cm sendiri, Anda bisa menyediakan beberapa potongan, misal 3 potongan berukuran 40 x 30 cm.
2. Sekrup dan baut rak siku 4 buah, sekrup 8
3. Bor
4. Crossbond X3
5. Dowel
6. Papan untuk kaki meja, berupa dua potongan dengan tinggi 30 cm dan panjang 90 cm. Ketebalan minimal 1,5 cm.

Lem Kayu Super Kuat Crossbond X3

Finishing

CS BahanPerekat

Ada banyak tipe finishing yang bisa Anda pilih. Dua di antaranya adalah natural color dengan warna pastel (hijau, merah, kuning, ungu, hingga biru). Untuk finishing natural color transparent yang memperlihatkan keindahan serat kayu, sediakan:

1. BioVarnish Wood Filler
2. BioVarnish Wood Stain warna natural, misalnya walnut brown
3. BioVarnish Clear (pilih yang tingkat kilaunya sesuai keinginan Anda, ada yang glossy, moderat, hingga doff).
4. Amplas
5. Kuas
6. Paku dan pemukul

Sedangkan untuk warna-warna pastel, Anda bisa memanfaatkan cat kayu besi serbaguna, Orchid. Orchid juga tersendia dalam aneka pilihan warna mulai dari warna pastel sampai warna logam seperti emas dan perak.

Langkah-langkah Membuat Meja Makan Lesehan
Pembuatan Meja

1. Siapkan bagian atas meja. Jajarkan potongan kayu, lalu sambungkan sisi-sisinya dengan dowel atau biscuit joinery. Supaya lebih kuat, tempelkan papan melintang (tegak lurus dengan panjang papan) 90 cm x 3 cm saja. Gunakan paku dan pemukul. Pasangkan dua potongan tersebut masing-masing 40 cm dari tiap ujung papan.
2. Sediakan kaki meja. Lubangi dengan bor seukuran dowel, 2 untuk tiap ujung (jangan terlalu mepet ujung, beri jarak sekitar 5-10 cm.
3. Pada posisi yang sama (5-10 cm), buat lubang seukuran dowel pada papan.
4. Satukan meja dan bagian atas meja menggunakan dowel. Aplikasikan lem sambungan kayu Crossbond X3.
5. Diamkan hingga kering dulu.
6. Siapkan baut dan skrup siku rak. Pasangkan masing-masing 2 pada tiap kaki.
7. Selesai.

dowel

Finishing

Untuk aplikasi Orchid, Anda hanya perlu mengencerkannya pada wadah khusus sesuai rekomendasi pada kemasan produk. Selanjutnya, Anda tinggal mengoleskannya saja ke permukaan meja. Kombinasikanlah warnanya agar hasilnya lebih bagus.

Sedangkan untuk finishing natural, aplikasikan secara berurutan:

1. BioVarnish Wood Filler. Wood filler berfungsi sebagai pelapis dasar sekaligus mengisi pori kayu yang akan membuat permukaannya lebih rata.
2. BioVarnish Wood Stain. Produk ini, sebagaimana namanya, berfungsi sebagai pewarna. Warna wood stain sendiri sangat beragam, dari walnut brown sampai mahogany.
3. BioVarnish Clear. Produk ini berfungsi sebagai pelindung semua lapisan di bawahnya. Meski berwarna bening, produk ini mempengaruhi tingkat kilau akhir finishing.

Sebelumnya, encerkan produk sesuai rekomendasinya. Setelah diaplikasikan, tunggu tiap lapisan agar kering, lalu lakukan pengamplasan ambang, hanya agar permukaan cat halus saja.

Nah, demikianlah cara membuat meja makan lesehan dengan Crossbond X3 dan BioVarnish. Semoga bermanfaat ya!

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here