membuat kursi

Jangan salah. Bukan hanya kayu yang berperan terhadap kekokohan produk mebel. Selain kayu, pemakaian merk lem kayu paling kuat pun punya andil besar.

Lihatlah aneka produk yang Anda gunakan. Mulai dari kursi yang Anda duduki, meja yang Anda gunakan untuk bekerja, hingga perlengkapan lainnya banyak yang terbuat dari kayu. Berbagai produk tersebut menunjukkan bahwa kayu memang punya peran sentral dalam kehidupan manusia. Meski demikian, dalam pengolahan berbagai produk tersebut, kayu “tidaklah sendirian.” Selain kayu, ada bahan pendukung lainnya yang dibutuhkan. Bahan pendukung yang paling penting adalah lem atau adhesive.

CS BahanPerekat

Bagi Anda yang tak bekerja di dunia woodworking, peran lem mungkin tak begitu terlihat penting. Tapi jangan salah, dalam industri pengolahan kayu, pemilihan lem ini memainkan peran sangat vital. Apalagi untuk aplikasi teknik sambungan kayu atau wood joinery. Sambungan kayu adalah area di mana dua kayu yang berbeda disambungkan dengan cara tertentu. Untuk mendukung sambungan-sambungan ini, dibutuhkan adhesive atau bahan perekat.

Di pasaran, lem-lem yang bisa digunakan untuk menyambung kayu sudah cukup banyak. Terdapat beragam lem dengan aneka merk serta kualitasnya masing-masing. Tiap produk pun dijual dnegan harganya sendiri-sendiri. Ada lem yang kualitasnya sangat baik namun harganya juga sangat mahal, hingga lem-lem yang kualitasnya buruk sehingga harganya pun relatf lebih rendah. Meski demikian, bukan tak mungkin kita bisa mendapatkan lem yang ideal.

Untuk memperoleh lem yang ideal, kita harus bisa memilih lem dengan kualitas yang bagus namun harganya tak begitu tinggi. Dari segi kualitasnya, lem tersebut harus sesuai standar kekuatan hingga ketahanan industri woodworking. Biasanya, tiap manufaktur adhesive mengklaim memiliki kualitas ini. Jangan khawatir dan bingung sendiri. Untuk menentukan merk lem kayu paling kuat dan ideal, perhatikanlah:

  1. Bahan yang dipakai lem tersebut. Usahakan memilih lem putih atau lem berbasis polyvinyl acetate.
  2. Cermati nilai kekuatan atau bonding strength adhesive
  3. Cek TDS. Anda bisa memintanya pada manufaktur bersangkutan.
  4. Lakukan pengujian sendiri
  5. Trial atau percobaan langsung dengan lem tersebut

Merk Lem Kayu Paling Kuat dan Murah? Crossbond Jawabannya

Sebagai bahan pertimbangan bagi Anda yang membutuhkan adhesive dengan kualitas unggulan, lem yang kami sarankan adalah Crossbond. Crossbond merupakan PVAc water based glue yang jenisnya telah menjadi lem paling kuat menurut Finewoodworking Magazine. Lem ini didesain dengan inner cross linker modifier sehingga mampu menciptakan ikatan rangkap ganda antar substrat lem dan antar lem dengan substrat kayu pada level molekuler. Sebagai akibatnya, ikatan yang diciptakan Crossbond akan membuat produk Anda jauh lebih kokoh.

Merk lem kayu paling kuat Crossbond terdiri atas dua varian. Untuk varian pertama, Crossbond X3, bisa Anda gunakan untuk:

  1. Membentuk rangka furniture seperti kursi, buffet, rak, meja, hingga kabinet.
  2. Membangun konstruksi indoor ruangan.
  3. Membuat handicraft seperti wooden toys dan suvenir
  4. Perlengkapan dapur dari kayu
  5. Pemasangan elemen konstruksi, misalnya dalam pembuatan jendela.

Sedangkan varian kedua, Crossbond X4 bisa Anda gunakan untuk:

  1. Finishing tempel media misalnya pemasangan veneer.
  2. Pemasangan wall paneling.
  3. Pemasangan lantai kayu parket maupun decking.
  4. Pembuatan beberapa engineered wood seperti multipleks maupun tripleks, hingga block board dan teak board.
  5. Pembuatan furniture yang menerapkan teknik laminasi.
  6. Pembuatan kayu dan bambu laminasi.

Pembuatan kerajinan dengan teknik laminasi.
Mana di antara kedua varian Crossbond tersebut yang paling tepat digunakan? Jawabannya tentu sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.
Semoga bermanfaat!

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here