produk papan bambu
Gluebam

Tertarik untuk mengetahui bagaimana cara membuat lem kayu sendiri? Barangkali Anda ingin melakukan penghematan besar-besaran? Tapi berhati-hatilah, belum tentu melakukan cara ini bisa benar-benar membuat Anda hemat.

Lem adalah salah satu bahan yang paling banyak digunakan dalam industri woodworking. Bagaimana tidak? Bahan ini diperlukan baik untuk pembuatan produk seperti mebel, kerajinan atau craft, hingga konstruksi.

Bisa dibilang, lem menjadi salah satu faktor penentu kelancaran proses produksi. Bahan ini pun berpengaruh terhadap biaya yang harus dikeluarkan. Untuk dampak yang terakhir disebut ini, seringkali orang lantas berpikir mengenai pembuatan lem kayu sendiri. Apakah lem bisa dibuat sendiri oleh orang awam?

CS BahanPerekat

Jawabannya bisa. Ikuti saja langkah-langkah di bawah ini.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Siapkanlah Polyvynil Acetat (PVAc) 55 % solid – 29,1 % (perbandingan). Air 30,9%, Polyvynil Alkohol (PVA) 3,6 %, Dextrin 10,9%, dan Resol 65 % – 25,5%

Cara Membuat Lem Kayu

  1. Setelah semua alat dan bahan yang diperlukan Anda siapkan, lakukan langkah-langkah pembuatan lem kayu berbahan dasar PVAc sebagai berikut:
  2. Panaskan bahan dextrin dan sebagian air di atas api sambil diaduk secara terus menerus. Kira-kira pertahankan hal tersebut hingga suhu 70 derajat celcius.
  3. Jaga suhu pada rentang 50 hingga 60 derajat celcius.
    Apabila sudah mencapai suhu reaksi tersebut tuangkan lagi sebagian airnya
  4. Tuangkan lagi sebagian air jika dirasa perlu
  5. Masukkan bahan PVA sedikit-sedikit sambil terus diaduk.
  6. Bersabarlah karena PVA tergolong bahan yang susah larut.
  7. Jika semua sudah tercampur rata, beri air lagi.
  8. Tambahkan resol 65%
  9. Kemas dalam wadah plastik atau botol tertutup.

Bagaimana dengan Kualitasnya?

Mengenai kualitas produk dari aplikasi cara membuat lem kayu di atas jelas masih di bawah standar yang diproduksi berbagai perusahaan lem. Cara di atas hanya langkah sangat dasar dalam membuat adhesive. Sehingga bahan ini sebenarnya masih sulit untuk berkompetisi dengan merek-merek lem di pasaran. Contohnya lem kayu Crossbond™.

Atas pemahaman ini, bisa dikatakan bahwa membuat lem kayu sendiri belum tentu merupakan keputusan bijak. Bisa jadi Anda justru membuang waktu, uang, dan energi untuk barang yang kualitasnya masih jelek.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here