furniture bent lamination

Di zaman ini, di mana segala sesuatunya dituntut lebih efisien dan murah, penggunaan pembatas non tembok sering menjadi pilihan. Salah satu bahan yang kian meningkat digunakan untuk partisi seperti ini adalah papan gypsum atau gypsum board.

Material tersebut pada dasarnya adalah produk manufaktur yang berisi gypsum dengan pelapis bahan lain seperti fiberglass dan kertas. Gypsum sendiri adalah mineral yang bisa dibuat di laboratorium maupun ditemukan di alam. Di alam, gypsum dapat ditambang dari bebatuan sedimen calcium sulfate dehydrate. Perusahaan kemudian menghancurkan batuan tersebut menjadi bubuk halus untuk diolah lebih lanjut.

Di sisi lain, gypsum buatan atau FGD dibuat dari produk sampingan pembakaran batu bara. Pada pembakaran salah satu sumber energi itu, sulfur dioksida dipindahkan kemudian diolah dalam serngkaian proses kimia menjadi gypsum. Sebagaimana gypsum natural, bahan ini nantinya dimanfaatkan sebagai papan plafon, partisi, dan berbagai kebutuhan lainnya.

Keuntungan dan Kekurangan Papan Gypsum

Kelebihan

Mudah Dipasang

CS BahanPerekat

Papan dari gypsum secara umum lebih mudah dipasang dibanding pembuatan dinding dari batu bata hingga semen.

Tahan Api

Tahukah Anda, papan gypsum sering digunakan pada ruangan yang memerlukan partisi tahan api? Hal itu tak lain disebabkan karena sifat gypsum yang memang tak mudah terbakar.

Mampu Meredam Suara

Meski tidak setebal tembok batu bata, namun uniknya bahan ini bisa meredam suara dengan cukup baik.

Masa Pakai Lama

Sifatnya yang berasal dari mineral anorganik membuat bahan ini tak mudah lapuk dan disukai hama. Dampaknya tentu saja bagus karena papan akan semakin tahan lama.

Harga Terjangkau

Mengingat tingginya harga kayu dan bahan bangunan yang lain, pemilihan gypsum bisa menjadi solusi sangat baik karena harganya yang lebih terjangkau. Apalagi bahan ini juga kian mudah didapat hingga ke berbagai pelosok Indonesia.

Kekurangan

Sebagaimana produk lainnya, papan gypsum juga memiliki kekurangan di luar berbagai kelebihannya yang disebut di atas. Misalnya, meski bahan ini relatif tahan api, namun gypsum board tak bisa sembarangan digunakan pada ruang yang temperaturnya terlalu ekstrim. Bahan ini akan rusak bila terlalu lama dietakkan pada udara yang terlalu dingin maupun terlalu panas.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here