lantai kayu asri

Apa lem untuk kerajinan stik es krim yang paling tepat? Mari kita simak beberapa pertimbangan di bawah ini yang harus dipenuhi agar sebuah adhesive bisa disebut bagus sebagai lem untuk craft.

Kriteria 1: Harus Aman

Karena kerajinan stik es krim merupakan craft yang kemungkinan besar diletakkan di dalam ruangan, aspek keamanan sangat penting diperhatikan. Apalagi bila kerajinan ini nantinya akan sering digunakan anggota keluarga.

Waspadalah. Banyak adhesive di pasaran mengandung zat-zat toksik. Sebisa mungkin, hindari lem dengan kandungan formalin hingga logam berat. Sebab zat-zat tersebut sudah terbukti menghambat bahkan merusak tubuh kita. Berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa efek zat-zat tersebut akan membuat potensi kecerdasan dan fisik anak tidak optimal.

Kriteria 2: Daya Rekat Kuat

CS BahanPerekat

Fungsi utama lem adalah untuk memenuhi kebutuhan perekatan. Kerajinan craft seperti stik es krim pun, meski bukan kebutuhan dengan “beban” besar seperti mebel dan konstruksi, namun memerlukan kualitas pada aspek ini.

Sayangnya, banyak pekerja craft yang cenderung mengabaikannya. Tak jarang yang sembarang menggunakan lem, termasuk lem yang daya rekatnya hanya untuk kertas saja. Akibatnya produk kerajinan yang dihasilkan biasanya mudah copot dalam waktu yang tidak begitu lama.

Kriteria 3: Tidak Merusak Kecantikan Kerajinan

Pada aspek ini, hal yang harus Anda perhatikan adalah “apakah lem untuk kerajinan stik es krim tersebut menimbulkan glue line?”

Glue line merupakan garis yang muncul setelah lem kering. Keberadaannya menyebabkan visual produk menurun berubah sehingga tidak lagi seragam.

Kriteria 4: Tidak Bau

Banyak jenis lem yang memiliki bau menyengat. Produk-produk adhesive seperti ini bisa membuat pembeli tidak nyaman. Bahkan sebenarnya adanya bau adalah indikasi zat berbahaya pada lem. Misalnya senyawa organik mudah menguap seperti benzena. Selain toksik, ciri senyawa organik mudah menguap adalah baunya yang sangat menyengat.

Kriteria 5: Tahan Lama

Kriteria kelima tak begitu berbeda dengan aspek daya rekat. Namun pada aspek ini, lem bukan sekedar kuat, namun juga tahan terhadap faktor yang bisa merusaknya. Setidaknya untuk keperluan kerajinan ini, Anda harus bisa memperoleh lem yang tahan terhadap kondisi indoor seperti kelembaban udara.

Lem untuk Kerajinan Stik Es Krim yang Disarankan

Berdasarkan pengalaman dan kriteria di atas, lem yang kami rekomendasikan adalah Crossbond™. Adhesive tersebut sebenarnya bisa dibagi dalam dua varian, yakni Crossbond™ X 3 untuk pengeleman komponen dan Crossbond™ X 4 untuk pengeleman non komponen. Crossbond™ merupakan lem kayu sehingga daya rekatnya sangat kuat dan bahkan memiliki sertifikat aman berdasarkan Environmental Protection Agency dan ECHA Regulation.

Satu kemasan produk ini bisa didapat dengan harga Rp. 45.000,- untuk Crossbond™ X 3 dan Rp. 50.000,- untuk Crossbond™ X 4. Sangat hemat bukan? Apalagi bila kita bandingkan dengan kualitasnya.

Yuk, buat kerajinan dengan lem Crossbond™!

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here