hiasan pallet

Tak semua orang suka dengan tampilan furniture baru yang mengkilap dan modern. Banyak yang justru mencintai kesan tua dan teroksidasi pada mebel mereka. Makanya, bagi orang-orang ini, mengganti mebel lama mereka dengan yang baru adalah hal yang sulit dilakukan. Sampai di sini sebetulnya tak masalah. Toh, masalah tampilan adalah masalah selera. Yang jadi persoalan, berbagai mebel tua tersebut sudah sangat mungkin kehilangan kekokohannya atau perlu diganti komponennya dengan komponen baru. Lantas apa solusinya?

Kami menyediakan dua opsi solusi untuk Anda. Yang pertama adalah aplikasi finishing patina dan yang kedua adalah perbaikan furniture dengan memanfaatkan lem Crossbond.

Finishing Patina

Suka tak suka, finishing bukan hanya proses untuk membuat tampilan mebel lebih menarik tapi juga membuatnya lebih terlindungi. Dengan kata lain, lapisan finishing Anda yang sudah tua kemungkinan besar tak bisa memproteksi mebel Anda lagi. Eits jangan khawatir dulu. Mengganti lapisan finishing lama dengan yang baru bukan berarti membuat tampilan teroksidasi mebel Anda hilang. Dengan teknik khusus, kita bisa menghasillan mebel tampak tua teroksidasi dengan pelapis baru sehingga dapat memproteksi furniture.

CS BahanPerekat

Sediakan dulu alat dan bahannya di bawah ini.

Alat dan Bahan

1. Amplas (nomor 400)
2. BioVarnish Black
3. BioVarnish Walnut Brown
4. BioColours Top Coat Death Matte
5. BioColours Sanding Sealer
6. Kuas atau spray gun

Langkah-langkah Finishing Patina untuk Make Over Mebel Anda

1. Copot bagian non kayu pada mebel apabila memungkinkan. Apabila tidak bisa, lapisi bagian tersebut dengan plastik atau kertas koran supaya tidak kotor terkena cat.
2. Bersihkan dan hilangkan dulu lapisan finishing lama pada mebel Anda. Gunakan amplas ataupun pengencer cat sesuai jenis cat lama. Setelah itu keringkan mebel.
3. Apabila kayu furniture sudah siap difinish, siapkan BioVarnish Walnut Brown. Encerkan dengan perbandingan 1:5 menggunakan air. Aplikasikan ke seluruh permukaan kayu. Biarkan mengering selanjutnya amplas.
4. Siapkan BioColours Sanding Sealer. Encerkan sealer tersebut dengan perbandingan 1 : 2 menggunakan air. Aplikasikan ke seluruh permukaan kayu. Biarkan mengering selanjutnya amplas.
5. Siapkan BioVarnish Black dengan pengenceran 1 : 5. Aplikasikan ke seluruh permukaan kayu. Biarkan mengering selanjutnya amplas.
6. Siapkan BioColours Top Coat death matte atau matte. Aplikasikan ke seluruh permukaan kayu. Biarkan mengering selanjutnya amplas.

Perbaiki Furniture Anda dengan Crossbond

Seperti diterangkan di atas, furniture lama Anda barangkali sudah mengalami kerusakan di sana-sini. Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan lem Crossbond X3.

1. Bila dirasa ada komponen kayu yang perlu diganti, lakukan penggantian segera. Potong komponen yang lama dengan rapi, dan siapkan kayu pengganti yang ukurannya sesuai dengan kayu lama tersebut. Lakukan penyambungan dengan memanfaatkan paku, wood joint seperti dowel dan Crossbond.
2. Cek keseluruhan bagian furniture. Bila ada bagian furniture yang perlu diganti, lakukan pergantian dengan hati-hati. Potong area mebel yang perlu diganti dan cari kayu penggantinya. Anda bisa menggunakan Crossbond untuk merekatkan kayu pengganti ini.
3. Apakah ada bagian yang patah pada mebel Anda? Bila iya, potong secara rapi bagian yang patah tersebut dan cari kayu lain sebagai penggantinya. Gunakan Crossbond untuk merekatkan kedua kayu tersebut.
4. Bila ada sambungan kayu yang kendor, bila memungkinkan lepas sambungan tersebut. Selanjutnya, gunakan amplas untuk membersihkan bekas lem lama. Barulah setelah itu, gunakan Crossbond X3 untuk merekatkan kembali sambungan atau wood joint tersebut.
5. Bagaimana bila mebel Anda berjamur? Tak perlu khawatir. Anda hanya perlu mengatasinya dengan fungisida khusus. Cek dulu kondisi jamur pada furniture Anda. Apakah jamur tersebut tumbuh di atas permukaan mebel atau berasal dari dalam substrat kayu? Bila tumbuh dari permukaan atas mebel dan belum merusak lapisan finishing, Anda tinggal membersihkannya dengan BioCide antijamur. Sedangkan bila jamurnya sudah tumbuh hingga ke dalam atau malah berasal dari dalam kayunya, maka Anda perlu mengamplas dulu lapisan finishing yang diaplikasikan baru setelah itu menerapkan fungisida yang tepat.

Semoga bermanfaat!

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here