biscuit joint

Sudah bukan zamannya lagi memperdebatkan penggunaan lem aman untuk mainan anak. Saat ini, penggunaan lem dengan tingkat keamanan yang baik sudah merupakan sebuah “kewajiban”. Alasannya pun bukan sekedar masalah regulasi.

Kebutuhan Masyarakat Konsumen

Isu pertama yang harus diperhatikan terletak pada masyakarat sebagai konsumen mainan itu sendiri. Sebagai produk yang digunakan si kecil, tidak mungkin konsen kesehatan akan diabaikan begitu saja. Keamanan lem pun tak lepas dari tuntutan ini. Menjadi bahan pendukung pembuatan mainan anak, mau tak mau adhesive yang digunakan harus benar-benar non toksik.

Untuk Bersaing di Era Globalisasi

Saat ini, persaingan dengan produk import bukanlah hal yang asing lagi. Bila produk yang dibuat (seperti mainan anak) tidak memiliki kualitas yang baik, tentu kalah dalam persaingan bukan hal yang aneh. Penggunaan lem aman untuk mainan anak pun pada dasarnya akan membantu Anda yang ingin berkembang di dunia ekspor. Mengingat ketatnya regulasi keamanan pasar ekspor untuk negara-negara seperti Jepang, Eropa, dan Amerika, tentu sulit mengabaikan fakta ini.

Ketatnya Regulasi

CS BahanPerekat

Pada akhirnya, regulasi yang kian ketat pasti akan diberlakukan. Semakin ketatnya regulasi yang mengatur keamanan produk yang dijual di pasaran pun saat ini menunjukkan trend yang terus meningkat. Sebenarnya, Indonesia sudah memiliki standar khusus seperti SNI. Dengan standar seperti ini pun, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Apalagi ke depannya, ketika bukan hanya regulasi yang diperketat namun implementasinya juga.

Salah Besar Tak Gunakan Lem Aman untuk Mainan Anak

Dengan mencermati berbagai poin di atas, bisa disimpulkan bahwa penggunaan lem yang aman merupakan hal yang harus dilakukan. Tentu saja tidak benar-benar ada “kewajiban” untuk melakukannya. Namun dengan kondisi yang saat ini berlaku, mau tak mau hal itu harus dilakukan.

Pun demikian, saat ini juga semakin banyak adhesive dengan tingkat keamanan yang baik di pasaran. Misalnya saja Crossbond yang bahkan memiliki standar keamanan food grade. Jadi, tak perlu khawatir mencari produk adhesive dengan tingkat keamanan yang baik.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here