crossbond

Ada banyak merk lem yang beredar di pasaran. Manakah lem yang paling tepat untuk digunakan? Di bawah ini akan kami bagikan daftar merk adhesive terbaik untuk kebutuhan Anda yang sekaligus kami sediakan di bahanperekat.com.

Untuk Kayu

Merk bahan perekat yang kami sarankan untuk kayu adalah lem Crossbond. Crossbond menggunakan formula lem yang paling cocok untuk kebutuhan tersebut, yakni PVAc atau polyvinyl acetate. Lem Crossbond juga tersedia dalam dua varian. Varian pertama adalah Crossbond X3. Sedangkan varian kedua adalah Crossbond X4. Keduanya sama-sama berbasis PVAc tapi didesan untuk fungsi berlainan.

Crossbond X3 didesain untuk perekatan pada area rangka produk. Misalnya bagian sambungan mebel dan konstruksi bangunan indoor. Lem ini memiliki berbagai keunggulan ynag diperlukan saat kita ingin merekatkan area sambungan kayu. Misalnya saja, daya rekatnya yang kuat, ikatan tak mudah rusak, mudah digunakan, cepat kering, tidak glue line, dan tentu saja harganya juga jauh lebih hemat. Pemakaian Crossbond juga tidak boros karena memiliki solid content tinggi dan cover area yang memadai.

meja lipat
CS BahanPerekat

Varian kedua, Crossbond X4 didesain untuk kebutuhan perekatan laminasi. Perekatan laminasi adalah perekatan pada permukaan lebar. Tipe lem untuk kebutuhan laminasi harus memiliki viskositas medium dengan cover area yang luas. Jadi lem tersebut hemat digunakan. Lem ini juga memiliki sifat tidak tebal namun tetap kuat yang menjadi kriteria penting adhesive untuk laminasi. Contoh pemanfaatan Crossbond X4 adalah untuk pemasangan lantai kayu dan juga pengeleman veneer. Keunggulan lain yang membuat lem ini sangat bagus adalah sifatnya yang bisa digunakan untuk outdoor. Lem ini tahan air, solvent, hingga panas matahari intens. Penggunaannya bisa ditujukan pada pemasangan lantai decking outdoor, lantai decking dekat kolam renang, lantai kayu dekat pantai, sampai dinding kayu luar ruangan.

Untuk Kerajinan dan Kertas

Kebutuhan pengeleman kertas jelas berbeda dari kebutuhan pengeleman kayu. Karenanya, merk lem yang kami sarankan pun berlainan dengan rekomendasi di atas. Untuk kebutuhan ini, adhesive yang paling ideal dipakai adalah lem Ultra Phaethon. Ultra Phaethon sebetulnya juga PVAc water based. Namun ia didesain untuk fungsi yang berbeda dari Crossbond. Sebagai lem kertas, adhesive ini bisa dipakai untuk jilid buku sampai pembuatan kerajinan berbasis kertas.

kerajinan kertas hewan

Selain itu, lem ini juga bisa digunakan untuk pembuatan berbagai kerajinan serat alam. Butuh lem untuk anyaman pandan? Tas dari eceng gondok? Atau dompet dari pelepah pisang? Anda bisa mengandalkan adhesive Ultra Phaethon. Selain daya rekat dan sifatnya yang tahan lama, lem ini juga tidak glue line. Dengan tidak menimbulkan glue line, maka produk Anda pun dijamin tak rusak keindahannya. Harga lem ini pun murah sehingga bisa menghemat biaya produksi.

Untuk Lem Serba Guna

Merk lem untuk kebutuhan serba guna adalah merk adhesive yang bisa digunakan untuk berbagai perekatan. Lem yang kami sarankan adalah Eva Phaethon. Berbasis ethylene vinyl acetate, lem ini beda dari dua merk lem yang kami sarankan sebelumnya. Namun, lem ini punya fungsi yang bisa diterapkan pada:

  1. Kerajinan serat alam
  2. Pemasangan High Pressure Laminate (HPL) hingga PVC
  3. Pengeleman kain non woven
  4. Pengeleman kertas karton
  5. Pengeleman berbagai media beda karakter
kerajinan batu alam

Lem ini pun bisa digunakan berbagai pelaku dengan usaha berbeda-beda, mulai dari usaha kerajinan, mebel, sampai usaha fashion.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here