gitar indah

Meski tak banyak dikenal orang, namun manfaat lem untuk kayu hampir selalu bisa kita nikmati setiap waktu. Lem jenis ini digunakan untuk merekatkan mebel-mebel Anda, konstruksi bangunan, jendela, dan berbagai produk kayu lainnya. Ingin tahu lebih banyak mengenai produk ini? Mari simak 9 fakta menarik di bawah.

9 Fakta Unik mengenai Lem untuk Kayu

Sinonim dengan PVAc

Sering, ketika orang menggunakan istilah lem kayu, yang dimaksud biasanya adalah lem putih atau PVAc. Padahal, jenis lem kayu sangat beranekaragam. Misalnya lem epoxy, lem PU, hingga lem tembak.

Pengaruhnya pada Produk

Meski lem hanya merekatkan komponen sebuah produk, namun dampak lem bisa begitu signifikan. Contohnya pada alat musik. Lem bukan hanya mempengaruhi desain alat musik terkait, tapi hingga ke suara yang dihasilkannya.

Lem Tua Hide Glue

CS BahanPerekat

Dari sisi sejarahnya, salah satu lem tertua yang biasa digunakan pada kayu adalah hide glue atau animal glue. Tipe lem ini terbuat dari kolagen hewan. Kini, hide glue sudah banyak digantikan lem-lem modern. Namun pada beberapa perekatan lem ini masih dijadikan pilihan.

Penggunaan Lem Harus Tepat

Kualitas lem bukan satu-satunya penentu keberhasilan proses perekatan. Lem bukan hanya harus berkualitas, namun juga harus digunakan dengan benar.

Outdoor vs Indoor

Tingkat ketahanan lem sangat bervariasi. Namun untuk penggunaan umum, kita bisa membedakan menjadi dua, yakni lem indoor dan lem outdoor.

Jenis Lem untuk Kayu Berdasarkan Pelarutnya

Lem bisa dibedakan menjadi dua berdasarkan pelarutnya, yakni solvent based glue dan water based glue. Ditinjau dari keamanan dan baunya, lem solvent biasanya lebih membahayakan dan berbau menyengat dibanding lem berbasis air.

Struktural vs Non Struktural

Berdasarkan penggunaannya, lem bisa dibedakan menjadi lem struktural vs non struktural. Lem struktural digunakan untuk perekatan rancangan desain suatu produk. Sedangkan lem non struktural tidak dimaksudkan untuk fungsi tersebut.

Tingkat Keamanan Lem

Lem memiliki kandungan yang beragam. Dari kandungannya tersebut, kita bisa menentukan tingkat keamanan lem. Ada adhesive yang sangat aman digunakan seperti Crossbond, namun ada juga adhesive dengan kandungan membahayakan seperti lem berformalin.

Pasca Pengeleman

Kunci keberhasilan aplikasi lem untuk kayu bukan hanya terletak pada cara kita menggunakan adhesive saja. Kegiatan pasca pengeleman juga memainkan peran besar. Misalnya dalam aplikasi clamp press. Tindakan penggunaan clamp press yang salah bisa berakibat gagalnya pengeleman yang dilakukan.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here