glubam

Fungsi penting lem untuk laminasi kayu bisa Anda temukan pada berbagai produk yang menerapkan teknik laminating. Kualitas lem yang menjadi bahan pemersatu kayu-kayu dalam teknik tersebut berkaitan erat dengan hasil akhir produk yang dibuat.

Laminasi merupakan salah satu teknik pengolahan kayu yang banyak diaplikasikan pada berbagai produk. Pada proses ini, terdapat berbagai langkah yang berkesinambungan dan mempengaruhi satu sama lain. Salah satu langkah paling krusial adalah pada tahapan pengeleman kayu. Laminasi bisa merujuk pada pengeleman kayu lapis, lengan atau bagian sisi kayu, vinir, dan sebagainya. Yang pasti karakter lem yang diperlukan umumnya harus:

  • Viskositas medium dan mudah meresap sehingga tidak menyebabkan lapisan film lem.
  • Berdaya rekat kuat.
  • Tahan lama.
  • Daya sebar luas.

Crossbond X4 yang didesain untuk perekatan tipe ini bisa Anda andalkan untuk kebutuhan tersebut. Lem berbahan dasar resin alifatik ini sangat kuat, aman, mudah diaplikasikan, terjangkau, dan bisa digunakan untuk outdoor.

CS BahanPerekat

Untuk menghasilkan teknik laminasi yang baik dengan Crossbond X4, berikut ini kami paparkan tips untuk pembuatan beberapa produk laminasi.

Tips Menggunakan Lem untuk Laminasi Kayu Crossbond pada Panel, Tripleks, dan Laminasi Samping

Panel

Untuk membuat panel, pertama Anda harus memotong terlebih dulu kayu yang akan diolah dan membentuknya kotak pada bagian samping sisi komponen panel. Dengan kuda-kuda (sawhorse), tempatkan komponen panel tegak lurus dan berikan lem membentuk titik-titik pada salah satu permukaan yang akan direkatkan. Ketika semua sudah terolesi, letakkan komponen panel mendatar sehingga sisi-sisi komponen panel yang diberi lem untuk laminasi kayu Crossbond tersebut bisa merekat dengan baik. Gunakan clamp press dan aplikasikan hingga lem keluar dari sisi-sisi panel (muncrat). Setelah sekitar 1 jam, lepas clamp press.

Plywood

Plywood atau biasa disebut kayu lapis dan multipleks umumnya memiliki ketebalan ¾ inch atau sekitar 1,875 cm. Untuk membuat produk ini, letakkan satu papan kayu pada 2 kuda-kuda. Oleskan lem untuk laminasi kayu Crossbond X4 secara merata dan kemudian letakkan lapis kayu baru di atasnya. Umumnya produk tripleks seperti ini tidak memerlukan tekanan tinggi saat di-clamp. Jadi, Anda bisa menggunakan clamp sederhana seperti small hand clamp di sekeliling plywood. Namun untuk plywood yang lebih tebal, tentu Anda disarankan memberikan tekanan yang juga lebih banyak.

Edge Laminating atau Laminasi Pinggir

Laminasi samping atau pinggir adalah teknik lain yang populer di kalangan pengrajin kayu. Saat Anda memotong kayu lapis, bagian sampingnya akan tampak kasar dan kurang cantik. Untuk menutupi penampilan kurang menarik ini, bisa diaplikasikan edge laminating di mana selapis vinir tipis diaplikasikan dengan Crossbond X4. Caranya mudah saja. Berikan lem pada bagian pinggir tersebut. Setelah itu, tempelkan vinir dan jaga pada posisinya dengan alat yang tepat misalnya dengan plaster pada tiap jarak tertentu. Dengan cara ini, fungsi lem untuk laminasi kayu Crossbond akan bisa dioptimalkan untuk menghasilkan kualitas produk unggulan.

Semoga bermanfaat!

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here