bunga kertas

Ternyata, ini lho lem kertas asturo dengan kualitas terbaik. Lem ini bukan hanya kuat, tetapi juga memiliki ketahanan serta tingkat keamanan yang sangat bagus.

Apa itu Kertas Asturo?

Asturo atau kertas asturo adalah salah satu jenis kertas yang pastinya sangat familiar bagi kebanyakan orang Indonesia. Sejak mengenyam bangku pendidikan dasar, kerap para guru menugaskan muridnya membuat prakarya menggunakan jenis kertas ini. Lantas apa sebetulnya yang disebut sebagai kertas asturo?

CS BahanPerekat

Asturo pada dasarnya merupakan kertas dengan karakter khas pada tampilannya. Kertas ini memiliki satu sisi berwarna dan satu sisi lainnya tanpa warna (putih). Macam warnanya sangat beragam. Ada yang tersedia dalam warna-warna solid, namun ada juga yang tersedia dalam warna gradasi. Dalam kehidupan sehari-hari, kertas ini bukan hanya sering digunakan siswa-siswa sekolah. Seringkali, asturo dipakai untuk sampul jilid buku. Nama lain dari asturo sendiri adalah omega. Kertas omega biasanya tersedia dalam ukuran 40 x 60 cm atau 15,7 x 23,6 inch (double A3).

Untuk Apa Kertas Asturo Digunakan?

Sebagaimana disebut di atas, kertas asturo banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan penjidilan. Misalnya untuk kebutuhan pembukuan hingga pembuatan makalah. Usaha-usaha fotocopy yang menyediakan jasa penjilidan pasti memiliki sediaan kertas seperti ini.

kertas asturo

Kertas ini juga sering digunakan sebagai pembungkus. Namun yang unik, saat ini asturo juga mulai banyak digunakan untuk berbagai kerajinan. Contohnya saja
untuk kerajinan origami. Seni lipat melipat kertas dari Jepang ini rupanya bisa dibuat memukai dengan warna-warni kertas omega. Tak jarang, kertas ini juga dipakai untuk membuat hiasan seperti bunga, figura, dan berbagai craft lainnya.

Penggunaan Kertas Asturo Butuh Lem yang Baik
Kalau hanya untuk kebutuhan non profesional, tentu pemakaian kertas asturo tak perlu banyak dipusingkan. Namun bagaimana bila kita hendak membangun usaha yang memanfaatkan kertas asturo sebaga materialnya? Misalnya usaha pembautan suvenir yang menggunakan material ini.

Bila kondisinya demikian, kebutuhan-kebutuhan pendukung pengolahan kertas asturo harus diperhatikan. Langkah pertama yang harus diambil adalah memilih lem kertas asturo yang baik.

Mengapa lem? Jawabannya sederhana. Sebab lemlah yang berperan menyatukan komponen produk berbasis asturo. Bayangkan saja bila lem yang dipakai untuk membuat hiasan bunga kurang kuat. Bunga kertas asturo tak jadi kelihatan indah bukan? Agar ini tak terjadi, simak tips memilih lem asturo di bawah ini.

jilid buku asturo

Tips Penting Pilih Lem Kertas Asturo yang Berkualitas

Perhatikan poin-poin penting di bawah ini agar mendapat lem asturo terbaik!

1. Memiliki daya rekat sesuai untuk pengeleman kertas asturo. Hindari membeli lem yang bukan untuk kertas
2. Pilih lem yang resistensinya pada air, solvent, dan panas baik
3. Usahakan memilih lem berbasis air
4. Pilih lem yang mudah digunakan
5. Pilih lem dengan harga terjangkau
6. Hindari lem penyebab glue line
7. Hindari memilih lem yang baunya menyengat

Sebagai bahan rekomendasi, adhesive yang kami sarankan adalah Ultra Phaethon. Berbasis PVAc atau polyvinyl acetate, lem ini memenuhi kriteria ideal lem kertas asturo yang disebutkan poin-poin di atas. Lem ini bukan hanya kuat, tapi juga aman, tahan lama, tak berbau, hingga tidak menyebabkan glue line.

Keunggulan lain Ultra Phaethon adalah karakternya yang sangat mudah digunakan. Harga adhesive ini juga murah dibandingkan kualitas yang ditawarkan. Anda bisa membeli lem eco friendly ini hanya dengan Rp. 48.000,00 untuk tiap kg dengan berat kering tinggi.

Jadi kalau ada Ultra Phaethon, kenapa harus memilih adhesive yang lain?

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here