miniature becak

Dari berbagai jenis produk craft yang ada, dereten miniature kendaraan tampak sangat mencolok. Bagaimana tidak? Produk seperti ini memiliki detil yang luar biasa terlepas bentuknya yang sangat kecil. Pengrajin yang membuatnya jelas adalah seorang profesional. Begitu pula alat dan bahan yang dipakai. Agar hasilnya bagus, jelas dibutuhkan bahan pendukung berkualitas, tak terkecuali lemnya. Sebagai penyambung komponen craft, memilih lem yang tak tepat akan membuat produk Anda rusak.

Miniature Kendaraan yang Sangat Menarik

Di antara jajaran kerajinan, salah satu jenis craft yang terlihat begitu unik adalah miniature kendaraan dari bahan kayu. Tak jarang, produk tersebut berwujud sepada, motor, mobil, truk, hingga kereta api mini. Berbagai produk ini terlihat luar biasa karena memperlihatkan keindahan dan detil yang sangat mengagumkan. Tak heran, tatkala aneka produk ini banyak dijadikan sebagai souvenir. Persebarannya pun sudah sangat luas. Anda bisa menemukan produk seperti ini sebagai suvenir di berbagai daerah wisata mulai dari Yogyakarta sampai Bandung. Di Yogyakarta misalnya, di antara berbagai oleh-oleh yang tersedia, terdapat beberapa craft miniature sepeda ontel dari kayu yang sangat menarik.

CS BahanPerekat

Umumnya, aneka craft tersebut dijual sebagai suvenir untuk dekorasi yang dipajang di buffet, rak, meja belajar, dan berbagai tempat lainnya. Namun ada kalanya, kini berbagai miniature tersebut sudah menjelma menjadi gantungan kunci unik. Meski tentu saja, ketika digunakan sebagai gantungan kunci, miniature kendaraan tersebut harus dibuat lebih khusus. Misalnya detilnya perlu dikurangi dan bentuknya dikecilkan.

Memerlukan Adhesive yang Tepat

Keindahan dan detil mengangumkan miniature kendaraan dari kayu memang mengundang decak kagum. Akan tetapi, di balik keindahannya ini, jelas ada usaha yang harus dilakukan. Selain usaha dari tangan pengrajinnya, jelas bahan yang dipakai harus tepat. Karenanya memilih bahan yang kualitasnya bagus perlu senantiasa dilakukan. Salah satunya saat kita hendak memilih lem. Lem?

miniature mobil kayu

Betul. Lem adalah salah satu bahan penting yang diperlukan untuk membuat kerajinan miniature kendaraan. Lemlah yang berfungsi sebagai penyambung antar komponen. Sehingga ketika sambungan tersebut rusak, maka komponen pun bisa terlepas! Singkatnya, pemilihan lem yang digunakan jelas akan berpengaruh pada kualitas produk Anda. Bukan tak mungkin miniature Anda jadi terkenal sebagai produk gampang rusak oleh pelanggan. Bahkan bila kejadiannya lebih parah, bisa saja produk Anda rusak sebelum sampai di tangan pelanggan.

Efek lainnya bisa kita dapati pada aspek keindahan produk. Beberapa lem kayu ternyata dapat menyebabkan kerusakan warna pada produk yang direkatkannya. Akibatnya, kualitas estetika produk pun menurun. Demikian juga ketika lem mengeluarkan bau menyengat. Sebetulnya, hampir semua lem punya bau menyengat pada tingkat tertentu. Namun intensitasnya berlainan. Ada yang sangat menyengat, dan ada pula yang kurang menyengat. Karena miniature adalah sebuah produk craft, sebaiknya kita menghindari lem yang baunya sangat menyengat.

Aspek terakhir yang tak kalah krusial dan harus diperhatikan saat membeli lem untuk kerajinan miniature kendaraan adalah kualitas keamanan adhesive. Aspek ini sangat penting mengingat regulasi yang telah diberlakukan dan kesadaran masyarakat yang sudah mulai melek akan produk eco friendly. Apalagi bagi Anda yang punya tujuan memasarkan produk untuk ekspor. Jelas dibutuhkan lem dengan kandungan toksik yang diminimalisir.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here