jilid buku

Siapa bilang hanya perekatan pada mebel yang membutuhkan adhesive terbaik? Perekatan untuk jilid buku pun sama perlunya didukung dengan lem yang bagus. Apa lem kertas untuk jilid buku terbaik yang bisa diandalkan?

Mengenal Penjilidan Buku

Apa itu penjilidan buku? Dalam Bahasa Inggris dikenal sebagai book binding, penjilidan buku merupakan suatu proses yang bertujuan menyatukan lembaran-lembaran kertas dengan sampul di bagian paling luarnya. Hasil proses ini kemudian kita kenal sebagai buku.

CS BahanPerekat

Teknik jilid buku bisa dilakukan dengan beberapa cara. Misalnya dengan cara diikat di salah satu sisi kertas hingga dengan aplikasi lem atau adhesive. Selain itu ada pula teknik yang mengkombinasikan kedua cara tersebut. Pada beberapa bidang, misalnya untuk menonjolkan aspek estetika, ada kalanya digunakan bahan-bahan tambahan dekoratif. Contohnya saja dengan menambahkan objek-objek khusus yang membuat buku semakin terlihat bagus.

Membutuhkan Lem Kertas untuk Jilid Buku yang Bagus

Proses penjilidan kertas menjadi sebuah buku, sebagaimana disebut di atas kerap membutuhkan lem. Apalagi untuk buku-buku konvensional. Aplikasi lem biasanya lebih dipilih karena secara visual tidak terlalu terlihat.

Menyadari pentingnya peran lem dalam proses jilid buku, jelas adhesive yang dipilih tak boleh yang kualitasnya buruk. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah jenis adhesive yang harus dari jenis lem kertas. Formulasinya bisa sangat beragam. Namun setidaknya adhesive terkait punya kriteria ideal untuk menghasilkan buku yang bagus. Dua faktor yang harus diperhatikan adalah kekuatan adhesive serta efeknya pada warna.

Pilih Lem yang Kuat dan Tak Merusak Warna

Lem yang dipilih harus kuat agar buku yang dihasilkan juga lebih kuat dan tak mudah rusak. Ikatan kuat adhesive sendiri pada dasarnya tergantung dari atas dua faktor. Pertama adalah formulasi lemnya, sedangkan faktor kedua kedua ialah sifat adherent yang direkatkan. Kedua hal tersebut harus cocok satu sama lain.

Faktor kedua yang wajib diperhatikan adalah efek lem kertas pada warna produk. Hati-hati, banyak lem di pasaran yang bisa menyebabkan warna kertas rusak. Akibatnya tampilan buku pun menjadi kurang menarik.

Lem Kertas untuk Jilid Buku Terbaik? Ultra Phaethon Solusinya

Sebagai bahan pertimbangan bagi Anda yang bergerak di usaha penjilidan buku, adhesive yang kami sarankan adalah PVAc water based Ultra Phaethon.

Ultra Phaethon adhesive dengan bahan dasar atau basis PVAc (polyvinyl acetate) yang sangat aman dan ramah lingkungan. Di banyak kesempatan, lem berbasis PVAc kerap disebut sebagai lem putih hingga lem kayu. Meski demikian, pada dasarnya, pemanfaatan lem PVA bisa sangat beragam, tak terkecuali untuk mengelem kertas seperti untuk kebutuhan penjilidan buku. Pasalnya, secara umum polyvinyl acetate memang mampu bekerja dengan sangat optimal pada bahan-bahan berpori seperti bahan dari selulosa. Kertas yang terbuat dari selulosa kayu dan memiliki banyak pori sangat cocok bila dilem menggunakan tipe perekat ini.

Berbagai feature terbaik disediakan Ultra Phaethon sebagai lem kertas untuk jilid buku, antara lain:

1. Sangat kuat dengan inner cross linker
2. Sangat tahan lama sehingga buku lebih awet
3. Mudah digunakan tanpa peralatan khusus
4. Cover area yang luas
5. Solid content tinggi
6. Sangat aman dan ramah lingkungan dengan standar formulasi internasional.
7. Tak berbau pedas menyengat.
8. Cepat kering sehingga produksi berjalan dengan waktu lebih efisien

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here