decoupage pada meja

Ingin mengembangkan bisnis mebel kecil Anda? Kabar baik! Kami punya tips yang patut Anda coba. Tips ini pun sangat murah dan mudah. Kami merekomendasikan aplikasi decoupage bagi pelaku usaha pembuatan meja belajar lipat.


Apa itu Decoupage?

Pembahasan mengenai decoupage sebetulnya telah sering kami ulas di bahanperekat.com. Ringkasnya, decoupage adalah teknik kerajinan yang melibatkan penempelan napkin atau “serbet” khusus bergambar pada sebuah media. Serbet ini bisa juga berupa kertas bergambar. Setelah ditempelkan, kita oleskan clear varnish (cat bening) di atasnya. Dengan cara ini, gambar seperti sebuah lukisan yang nyata! Keindahan produk pun meningkat tanpa kita perlu menguasai kerajinan menggambar yang rumit.

Cara seperti ini juga bisa diterapkan untuk berbagai produk meja belajar lipat. Pasti produk Anda akan terlihat lain daripada yang lain dengan teknik ini. Coba saja perhatikan kebanyakan produk meja lipat. Sering hanya memakai gambar dilapisi plastik pada permukaannya. Meski menarik, tapi produk seperti ini “terlalu biasa.” Anda akan mampu menarik perhatian pembeli bila dapat menyediakan produk lain yang lebih unggul!

CS BahanPerekat

Nah, penasaran bagaimana caranya? Sekali lagi, teknik ini sangat mudah dilakukan. Dari alat dan bahannya Anda hanya perlu menyiapkan:

1. Napkin decoupage
2. Lem kerajinan decoupage Ultra Phaethon yang 1 Kg bisa dibeli dengan harga murah, Rp. 45.000,-
Cara Aplikasi Decoupage pada Meja Belajar Lipat
1. Siapkan dulu mejanya. Sebaiknya gunakan meja yang bagian top atau atas memakai kayu solid.
2. Aplikasikan finishing. Terapkan warna-warna yang menarik dan sesuai dengan napkin. Contoh, bila napkin berupa gambar bunga, Anda bisa menerapkan finishing shabby chic.
3. Tempelkan napkin setelah aplikasi wood stain menggunakan lem khusus untuk kerajinan Ultra Phaethon. Tapi ingat, pastikan dulu wood stain sudah kering sebelum napkin ditempelkan.
4. Aplikasikan pernis atau clear varnish dengan tingkat kilau sesuai dengan selera Anda.
5. Lakukan pengamplasan setelah kering, namun pelan-pelan saja. Pengamplasan hanya dilakukan supaya permukaan meja lebih halus.

Nah, itulah cara mengaplikasikan decoupage pada meja belajar lipat. Mudah sekali bukan? Yang agak rumit, barangkali adalah aplikasi finishing-nya. Untuk itu, Anda bisa menerapkan langkah-langkah finishing lawas di bawah ini.

1. Sediakan: BioVarnish Sanding Sealer, BioVarnish Wood Stain Walnut Brown, Glaze Black, dan BioVarnish Clear doff.
2. Terapkan dulu BioVarnish Sanding Sealer. Encerkan sesuai rekomendasi pengenceran produk tersebut. Kemudian aplikasikan secara merata pada permukaan kayu.
3. Tunggu kering, lalu amplaslah lapisan tersebut secara pelan-pelan supaya permukaannya halus.
4. Aplikasikan BioVarnish Wood Stain. Encerkan sesuai rekomendasi pengenceran produk tersebut. Kemudian aplikasikan secara merata pada permukaan kayu.
5. Tunggu kering, lalu amplaslah lapisan tersebut secara pelan-pelan supaya permukaannya halus.
6. Aplikasikan Glaze Black. Encerkan sesuai rekomendasi pengenceran produk tersebut. Kemudian aplikasikan secara merata pada permukaan kayu.
7. Sebelum kering benar, hapus Glaze dengan kain bersih. Sisakan di bagian sisi atau pojok meja belajar saja.
8. Biarkan kering.
9. Tempelkan napkin decoupage menggunakan lem Ultra Phaethon.
10. Aplikasikan BioVarnish Clear doff. Encerkan sesuai rekomendasi pengenceran produk tersebut. Kemudian aplikasikan secara merata pada permukaan kayu.
11. Tunggu kering, lalu amplaslah lapisan tersebut secara pelan-pelan supaya permukaannya halus.
12. Tunggu kering, lalu amplaslah lapisan tersebut secara pelan-pelan supaya permukaannya halus.

meja deooupage

Ada juga cara lain bila Anda tak mau mengaplikasikan langkah finishing di atas, yakni mengaplikasikan finishing solid dengan Orchid. Hasilnya tetap saja bagus. Jadi pilihlah tipe finishing untuk meja belajar lipat sesuai selera Anda!

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here